nusabali

TPA Mandung Kembali Terbakar

  • www.nusabali.com-tpa-mandung-kembali-terbakar

Luasan kebakaran mencapai 20 hektare, lebih luas dari kebakaran yang sebelumnya di bagian selatan TPA Mandung, Desa Sembung Gede, Kerambitan, Tabanan.

TABANAN, NusaBali

Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang ada di Banjar Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Tabanan kembali terbakar pada Rabu (4/9). Kebakaran kali ini berada di titik timur ke utara dengan luas sekitar 20 hektare. Tim Pemadam Kebakaran dan BPBD Tabanan terus melakukan pemadaman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tabanan Made Subagia, mengatakan kebakaran kali ini ada di titik timur meluas ke utara. Luasan kebakaran mencapai 20 hektare, lebih luas dari kebakaran yang sebelumnya ada di bagian selatan. “Sekarang lebih luas, ada sekitar 20 hektare,” ungkapnya, Rabu (4/9).  

Dituturkannya, sebenarnya kebakaran sudah terjadi sekitar pukul 15.00 Wita Awalnya hanya asap kecil muncul kemudian sudah ditangani dengan cara manual oleh petugas di TPA Mandung. Namun makin lama selang satu jam atau sekitar pukul 16.00 Wita, api membesar sehingga diputuskan menghubungi pemadam kebakaran dan BPBD Tabanan. “Sekarang ada tiga unit pemadam Tabanan memadamkan api,” tegas Subagia.

Untuk saat ini titik api yang besar telah berhasil dipadamkan. Jika sudah padam total, sampah bekas kebakaran akan dikeruk gunakan alat berat kemudian disemprot. “Penanganan kebakaran saat ini masih dari tim Tabanan, belum ada meminta bantuan ke provinsi dan Kabupaten Badung. Tetapi kami sudah koordinasi, jika api membesar akan meminta bantuan,” tegasnya.

Menurutnya api membesar karena sampah yang berada di pinggir tumpukan TPA kering, sehingga dengan mudah terbakar menjalar ke beberapa titik. “Kami masih bekerja, mudah-mudahan cepat padam,” tandasnya. *des

Komentar