nusabali

Pemkot Sosialisasikan Aplikasi 'Karma Simanis'

Permudah Pemantauan Online Kegiatan OPD

  • www.nusabali.com-pemkot-sosialisasikan-aplikasi-karma-simanis

Guna memaksimalkan pemantauan online pelaksanaan pelaporan hasil kegiatan perangkat daerah, Pemerintah Kota Denpasar melalui Bagian Pembangunan Setda Kota Denpasar membuat terobosan dengan menyiapkan sebuah aplikasi, yakni aplikasi Sewakadharma Sistem Monitoring Administrasi Pembangunan Kota Denpasar yang disingkat Karma Simanis.

DENPASAR, NusaBali
Sosialisasi aplikasi Karma Simanis ini dibuka Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara bersama seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Selasa (3/9) di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

“Sosialisasi aplikasi Karma Simanis ini merupakan tindak lanjut dari ide cerdas Bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar bahwa pada setiap kegiatan rapat evaluasi triwulan di lingkungan Pemkot Denpasar, semua hasil kegiatan OPD dapat diakses secara online,” demikian disampaikan Sekda Rai Iswara saat memberikan arahan kepada kepala OPD terkait sosialisasi aplikasi Karma Simanis.

Sementara Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja mengatakan, aplikasi Karma Simanis memiliki arsitektur dengan data terpusat dan sistem berbasis web yang diakses secara cloud. Dapat diakses menggunakan piranti PC, Laptop, Tablet maupun Smartphone.

Aplikasi ini turut melaksanakan pemantauan online realisasi anggaran maupun realisasi fisik dan mengintegrasikan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) sebagai data dasar perencanaan, penganggaran dan pelaporan serta bisa langsung terhubung dengan Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) sebagai data dasar penentuan pejabat kegiatan PPTK/PPK. Aplikasi Karma Simanis juga mengirim data ke Data Center Kota Denpasar sehingga juga dapat diakses oleh pimpinan melalui Dashboard Eksekutif.  *mis

Komentar