nusabali

Kevin/Marcus 100 Pekan Kuasai Ranking Satu Dunia

  • www.nusabali.com-kevinmarcus-100-pekan-kuasai-ranking-satu-dunia

Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, menorehkan catatan istimewa pada pekan ini.

JAKARTA, NusaBali

Ganda yang dijuluki The Minions itu genap 100 pekan beruntun bercokol di peringkat satu dunia versi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Posisi  Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di ranking pertama tak tergoyahkan, meskipun pekan lalu kandas di babak kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.  Kevin/Marcus kalah dari ganda Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung-jae 21-16, 14-21, 21-23.

Kekalahan itu mengejutkan karena mereka berstatus sebagai unggulan pertama dan difavoritkan menjadi juara. Namun dari ranking terbaru pada Selasa (27/8), Kevin/Marcus kukuh di atas dengan 102.153 poin. Perolehan poin tak berubah dibandingkan pada pekan lalu.

Peringkat kedua di sektor ganda putra ditempati ganda Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Koleksi poin Ahsan/Hendra melonjak jadi 89.937 setelah menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Minggu (25/8). Pekan lalu, pasangan berjuluk The Daddies tersebut mengoleksi 83.537.

Posisi ketiga dihuni ganda China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen, dengan raihan 84.570. Duo Menara asal China itu terpaut 17.583 poin dari Kevin/Marcus. The Minions sendiri tercatat mulai menguasai peringkat satu dunia sejak 28 September 2017.

Sejak itu, Minions tak pernah tergeser lagi.  Kevin/Marcus berstatus ganda nomor satu dunia selama 700 hari. Prestasi tersebut tak main-main, sekaligus membuktikan Kevin/Marcus masih superior di sektor ganda putra, meskipun pekan lalu gagal total di Kejuaraan Dunia.

Pada tahun ini Minions meraih empat gelar, yaitu Malaysia Masters, Indonesia Masters, Indonesia Open dan Jepang Terbuka. The Minions juga gagal mempertahankan gelar di All England 2019 dan langsung tersingkir di babak pertama.

Sementara itu, pasangan Ahsan/Hendra menilai kegagalan Kevin /Marcus di Kejuaraan Dunia cukup mengejutkan. Namun, mereka menyebut Kevin/Marcus hanya belum beruntung dan masih punya kesempatan di masa mendatang.

"Kekalahan itu pasti di luar dugaan Kalau menurut saya belum rezeki saja. Secara teknis pelatih yang tahu," kata Ahsan.

Sedangkan Hendra tak lupa memberi dukungan dan pesan untuk Kevin/Marcus. "Mungkin harus belajar dari kekalahan dan berusaha lebih fokus lagi. Mental juga harus siap," ujar Hendra. **

loading...

Komentar