nusabali

MTsN Karangasem Gelar Pemilos E-Voting

  • www.nusabali.com-mtsn-karangasem-gelar-pemilos-e-voting

MTs Negeri Karangasem jadi pelopor menggelar Pemilihan OSIS (pemilos) melalui e-voting, Rabu (28/8).

AMLAPURA, NusaBali

Hanya kurang dari dua jam, hasilnya langsung kelar dan ditetapkan pemenangnya. Pemilos e-voting ini memanfaatkan 20 komputer dengan 519 pemilih.

Kasek MTs Negeri Karangasem, Drs Sucipto MPd, mengatakan pemilos menggunakan e-voting awalnya hanya coba-coba membuat program. MTs Negeri Karangasem menerapkan aplikasi absen digital, aplikasi perpustakaan digital, aplikasi bimbingan konseling, aplikasi komite, dan aplikasi pembelajaran. Sucipto kemudian meminta Muh Yanis Yahya merancang aplikasi pemilihan Ketua OSIS melalui e-voting dengan modal 50 komputer. Maka pada awal Agustus, Muh Yanis Yahya mulai coba-coba menggunakan aplikasi google. Akhirnya memilih google formulir. Dari google formulir ada pilihan vote.

Program itu dicoba pada Rabu (21/8). Diawali dengan satu orang memilih diri sendiri sebagai eksperimen, kemudian melibatkan pengurus OSIS. Setelah yakin bisa digunakan dengan tingkat error sangat rendah maka digunakan untuk pemilihan Ketua OSIS melibatkan 479 siswa dan 40 guru termasuk pegawai tata usaha. Sebelum menggelar pemilos e-voting, terlebih dahulu seluruh data calon pemilih direkam. Kemudian disosialisasikan cara penggunaan komputer. Proses pemilihan menggunakan 20 komputer seperti biasa. Jelang pemilihan, setiap siswa terlebih dahulu mengisi daftar hadir. Selanjutnya menuju komputer.

Dalam komputer terlihat empat gambar calon Ketua OSIS, setiap pemilih cukup klik satu tanda gambar. Maka langsung terekam, pukul berapa klik gambar akan ketahuan, usai seluruh pemilih memberikan pilihannya, hasil langsung keluar. “Hanya saja setiap pemilih hendak klik gambar di layar komputer mesti diawasi. Sebab pemilih bisa klik lebih dari sekali,” kata Muh Yanis Yahnya. Agar pemilih tidak bisa klik dua kali, caranya mesti setip pemilih terlebih dahulu mengetik namanya sendiri. Hal itu membutuhkan waktu lama. “Kebetulan yang klik gambar semua pemilih, tidak ada klik gambar duakali,” tambahnya.

Bisa jadi MTsN Karangasem pertama kali gelar pemilihan Ketua OSIS e-voting. Empat kandidat yang maju memperebutkan jabatan Ketua OSIS yakni Putu Alvin Mahendra Putra keluar sebagai pemenang dengan 242 suara, disusul Nazla Fairuska AD dengan 134 suara, Prita Aulia Pratama dengan 90 suara dan Muhammad Fahmi Akbar dengan 53 suara. “Saya siap menjalankan program OSIS selama tahun 2019-2020,” jelas Putu Alvin Mahendra Putra. Putu Alvin menggantikan Nazhaqi Firdaus Salam. *k16

Komentar