nusabali

PDIP Janji Bagi Rata Jabatan AKD

  • www.nusabali.com-pdip-janji-bagi-rata-jabatan-akd

Dengan posisinya saat ini di DPRD Karangasem, PDIP masih membutuhkan banyak dukungan untuk memajukan Karangasem ke arah lebih baik.

Kedepankan Gotong-royong dalam Membangun Karangasem


AMLAPURA, NusaBali
Walau belum resmi menjalin koalisi di DPRD Karangasem Fraksi PDIP Karangasem melalui Ketua DPC yang juga Ketua Sementara DPRD Karangasem, I Gede Dana, berjanji akan membagi rata jabatan alat kelengkapan dewan (AKD). Alasannya untuk memudahkan kerjasama membangun Karangasem dengan bergotong-royong sesuai semangat juang PDIP.

Kepada NusaBali di Amlapura, Kamis (22/8), Gede Dana mengatakan di Pileg 2019, PDIP sebagai pemenang membukukan 12 kursi atau 26,66 persen dari total 45 kursi DPRD Karangasem. Dengan posisinya itu, PDIP tentu saja masih membutuhkan banyak dukungan untuk memajukan Karangasem ke arah lebih baik. Dari 6 AKD yang ada, yakni Komisi I, Komisi II, Komisi III, Komisi IV, Badan  Pembentuk Perda dan Badan Kehormatan, rencananya jabatan itu untuk ditempati PDIP, Golkar, Gerindra dan gabungan.

Ketika didesak PDIP rencananya mengambil Ketua Komisi I dan Badan Pembentuk Perda, Gede Dana enggan memberi jawaban detail. "Intinya PDIP ingin bergotong-royong dengan partai lain, jangan berpikir merebut jabatan AKD. Komunikasi telah dilakukan dengan Golkar, menyusul komunikasi dengan partai lain," kilah politisi asal Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang dari Dapil Karangasem VI (Kecamatan Abang) dengan 4.474 suara ini.

Di bagian lain Plt Ketua DPD II Golkar Karangasem, I Gusti Ngurah Setiawan, membenarkan telah berkomunikasi intensif dengan PDIP, Perindo dan Hanura. "Baru sebatas komunikasi belum sepakat melakukan koalisi, sehingga belum mengarah pembagian AKD. Kemungkinan Golkar juga nantinya kebagian AKD," kata Ngurah Setiawan.

Sedangkan Ketua PAC Gerindra Kecamatan Selat yang juga anggota DPRD Karangasem, Ida Bagus Adnyana, mengatakan Gerindra telah melakukan komunikasi dengan PDIP dan partai gabungan, sehingga nantinya Gerindra akan kebagian satu AKD. "Prediksi saya sementara Gerindra dapat satu pimpinan AKD," kata Ida Bagus Adnyana.

Disebutkan, Ketua Komisi I nantinya diambil PDIP, Ketua Komisi II diisi Golkar, Ketua Komisi III diisi NasDem, dan Ketua Komisi IV diisi Gerindra, selebihnya diisi partai gabungan. Sebab, BK DPRD Karangasem sesuai ketentuan, terdiri dari 5 anggota, masing-masing 2 anggota berasal dari pemenang pemilu, yakni PDIP, dan yang lainnya dari tiga fraksi. Sehingga yang berpeluang memenangkan jabatan itu adalah gabungan fraksi non PDIP.

"Memang akan terjadi pembagian jabatan AKD secara merata, sehingga situasi di dewan kondusif, pembahasan RAPBD jadi lancar," kata politisi asal Geria Suci, Banjar Gunung Biau, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Daerah Pemilihan Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen) dengan 3.434 suara ini.

Sementara Sekretaris DPD NasDem Karangasem, I Made Juita, dihubungi beberapa kali ada nada sambung hanya saja tidak memberikan respons. Ketua DPRD Karangasem sendiri kembali dipegang I Gede Dana periode 2019-2024 setelah PDIP menang pemilu, sebelumnya sempat menjabat sebagai Ketua DPRD 2009-2014.

Sebelumnya PDIP tidak kebagian jabatan AKD untuk masa jabatan 2014-2019. Saat itu, Golkar berkoalisi dengan NasDem dan Demokrat. Saat itu Ketua Komisi I dipegang Demokrat, Ketua Komisi II dipegang NasDem, Ketua Komisi III dan Ketua Komisi IV dipegang Golkar. Meski demikian, PDIP kini tetap mengedepankan semangat gotong royong, tidak ada ambisi memenangkan AKD sebanyak mungkin.

Sebelumnya diberitakan empat (4) parpol papan bawah membentuk Fraksi Gabungan bertajuk ‘Catur Pelangi’ di DPRD Karangasem 2019-2024, Kamis (22/8). Keempat parpol tersebut masing-masing Hanura (dengan kekuatan 3 kursi legislatif hasil Pileg 2019 atau kuasai 6,67 persen suara parlemen), Demokrat (2 kursi/4,44 persen suara parlemen), Perindo (2 kursi/4,44 persen suara parlemen), dan PKS (1 kursi/4,44 persen suara parlemen).

Hadirnya Fraksi Catur Pelangi ini melengkapi empat fraksi dari 4 parpol parlemen lainnya yang sudah bisa membentuk fraksi tersendiri. Pertama, Frak-si PDIP dengan kekuatan 12 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 26,67 persen suara parlemen). Kedua, Fraksi Golkar dengan kekuatan 11 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 24,45 persen suara parlemen). Ketiga, Fraksi NasDem dengan kekuatan 9 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 20,00 persen suara parlemen). Keempat, Fraksi Gerindra dengan kekuatan 5 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 11,11 persen suara parlemen). *k16

loading...

Komentar