nusabali

Tahun Ketujuh Ubud Village Jazz Festival, 11 Band Ramaikan Malam Pertama

  • www.nusabali.com-tahun-ketujuh-ubud-village-jazz-festival-11-band-ramaikan-malam-pertama

Sebanyak 11 grup musik jazz meramaikan Ubud Village Jazz Festival yang dibuka secara resmi pada Jumat (16/8/2019).

GIANYAR, NusaBali.com
Rangkaian kegiatan Ubud Village Jazz Festival 2019 yang telah dimulai sejak 9 Agustus 2019 lalu mencapai puncak acaranya pada Jumat (16/8/2019) dan Sabtu (17/8/2019). Selama rangkaian acara pre-event yang dilaksanakan sejak 9 Agustus 2019 yang lalu tersebut, sebanyak 11 grup musik jazz ini telah tampil di berbagai tempat. Grup-grup ini kemudian tampil kembali bersama dengan grup lainnya pada acara puncak UVJF 2019 yang berlokasi di Arma Museum & Resort, Ubud, Bali. 

Adapun Ubud Village Jazz Festival pada tahun 2019 ini merupakan tahun ketujuh diadakannya UVJF. Dengan demikian, hal ini juga berarti geliat perkembangan musik dengan genre jazz di Bali juga memasuki tahun ketujuh. Merupakan suatu hal yang membanggakan untuk dikatakan bahwa acara yang diadakan setiap tahun ini mengalami peningkatan dari segi kualitas. 

“UVJF sendiri dari tahun ke tahun menjadi semakin bagus, semakin berkembang dan semakin berkualitas dan digemari oleh publik baik secara daerah, nasional, maupun internasional. Festival ini menjadi ikon dari festival jazz yang benar-benar murni. Saya sebagai co-founder merasa sangat bangga bisa mengembangkan festival ini menjadi festival yang benar-benar berkualitas.” Ujar AA. Kt. Anom Darsana, co-founder Ubud Village Jazz Festival. 

Lebih lanjut lagi, Anom Darsana menjelaskan, bahwa tak hanya acaranya yang mengalami peningkatan kualitas, namun juga tingkat antusias masyarakat publik. “Minat masyarakat terhadap musik jazz saya rasa semakin tahun semakin banyak yang menyukai musik jazz. Saya ingat tahun 2013 itu sedikit sekali yang menonton, jadi kami juga mengadakan program-program musik dadakan, event-event kecil, nantinya kami ingin komunitas jazz di Bali ini semakin besar.” 

Antusiasme terhadap musik jazz tak hanya berlaku bagi masyarakat Bali, namun juga datang dari khalayak internasional. Hal ini terbukti dengan bertambahnya grup musik yang turut berpartisipasi pada festival tahun ini. Harry Mitchell salah satunya. Pria yang mengambil posisi sebagai pianis dalam grup Harry Mitchell Trio ini mengaku baru pertama kali datang ke Bali dan tampil di UVJF 2019 ini. Dirinya pun mengaku senang mendapatkan kesempatan untuk tampil di UVJF 2019.  

“Kami bertemu penonton yang antusias. Ini keren. Audiens di acara ini luar biasa. Saya berharap saya nantinya bisa manggung di acara ini setiap tahun. Selain itu, saya juga benar-benar suka Bali. Saya ingin agar bisa berkunjung lebih sering ke depannya.” Ujar pria asal Perth, Australia tersebut. 

Tingkat antusiasme ini membuat banyak grup musik asal luar negeri berminat untuk mengikuti ajang musik jazz nan bergengsi ini, menambah jumlah peserta UVJF dari tahun-tahun sebelumnya. Dari total 24 grup yang akan memeriahkan puncak acara UVJF 2019 ini, 11 di antaranya telah tampil pada Jumat (16/8/2019). Tak ketinggalan, hari berikutnya, Sabtu (17/8/2019) yang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, akan dimeriahkan oleh ke-13 grup lainnya. *yl

loading...

Komentar