nusabali

Diprediksi Naik 300 Meter Kubik Sehari

  • www.nusabali.com-diprediksi-naik-300-meter-kubik-sehari

Saat kondisi normal, volume sampah di Tabanan yang diangkut ke TPA Mandung sekitar 225 meter kubik per hari.

Volume Sampah Usai Galungan di Tabanan


TABANAN, NusaBali
Sampah Hari Raya Galungan di Kabupaten Tabanan diperkirakan meningkat tajam, yakni mencapai 300 meter kubik sehari. Ini karena ada penambahan sampah upakara.

Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tabanan telah mengirim surat ke desa yang mendapat layanan pengangkutan sampah, dimohon bersabar. Sebab pengangkutan sampah pasca Galungan baru bisa tuntas selama sepekan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan I Made Subagia, mengatakan volume sampah pasca Hari Raya Galungan diprediksi meningkat tajam. Di hari biasa saja sampah yang diangkut ke TPA Mandung mencapai 225 meter kubik per hari. “Jadi pasca Galungan, prediksinya sampai 300 meter kubik,” ujarnya, Senin (22/7).

Subagia menyebut, dengan meningkatnya volume sampah, Dinas LH telah mengirim surat ke sejumlah desa yang mendapat layanan pengangkutan sampah diminta bersabar. Sebab pengangkutan akan tuntas sepekan.

Menurut Subagia pengangkutan sampah memerlukan usaha keras. Sebab jumlah personel dan armada yang diterjunkan tetap seperti hari biasa. Selain itu tidak boleh ada lembur karena tidak ada anggaran untuk uang lembur.

Sehingga dengan meningkatnya volume sampah, maka pengangkutan dibutuhkan waktu lebih lama. “Kami akan permaklumkan kepada masyarakat yang mendapat layanan pengangkutan sampah, bahwa pengangkutan sampah akan lebih lama karena volume meningkat,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar membungkus sampah yang ada dengan karung plastik agar sampah tidak berserakan, karena pengangkutan agak lama. “Untuk mempercepat pengangkutan, kami juga akan mengangkut di truk dengan volume lebih banyak,” tandasnya. *des

loading...

Komentar