nusabali

Hajar Senegal, Aljazair Lolos 16 Besar

  • www.nusabali.com-hajar-senegal-aljazair-lolos-16-besar

Tim nasional Aljazair sukses menundukkan Senegal 1-0, pada laga kedua penyisihan Grup C Piala Afrika 2019, di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Jumat (28/6) dinihari WITA.

KAIRO, Nusa Bali

Aljazair menjadi tim ketiga yang lolos ke 16 besar, menyusul Nigeria (Grup B) dan tuan rumah Mesir (Grup A).

Usai banyak peluang kedua tim terbuang percuma sepanjang babak pertama, Aljazair membuka keunggulan lewat tembakan Youcef Belaili empat menit memasuki babak kedua. Lantas pelatih Aljazair Djamel Belmadi menempuh strategi oportunis dengan menumpuk banyak pemain di lini pertahanan demi menjaga keunggulan tersebut.

Strategi itu terbukti manjur untuk meredam gempuran bertubi-tubi dari pemain Senegal, yang sejak tertinggal berusaha melepaskan delapan percobaan tembakan ke arah gawang Aljazair.

Namun, tak satupun membuahkan hasil, selain karena ruang tembak yang dipersempit juga berkat kesigapan kiper Rais M'Bolhi, yang sukses mengamankan setidaknya dua percobaan tepat sasaran Senegal. Yakni tembakan jarak jauh Youssouf Sabaly menit ke-79 dan sundulan M'Baye Niang semenit berselang.

Berkat hasil itu Aljazair kini memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin. Kini Aljazair butuh hasil imbang untuk di puncak klasemen akhir saat menghadapi Tanzania pada laga pamungkas di Stadion Al Salam, Kairo, Selasa (2/7).

Sedangkan Senegal yang di urutan kedua, dihadapkan misi wajib menang atas Kenya di laga terakhir untuk ke 16 besar tanpa harus berhitung sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Kenya sendiri bangkit dari dua kali tertinggal untuk menundukkan Tanzania 3-2. Kenya di urutan ketiga klasemen dengan tiga poin, karena Senegal (3) punya keunggulan surplus satu gol.

Sementara Madagaskar mencatatkan lembaran baru sejarah sepakbola dengan menorehkan kemenangan perdana di putaran final Piala Afrika, usai  menundukkan sesama tim debutan Burundi 1-0, pada laga kedua penyisihan Grup B di Stadion Alexandria, Mesir, Kamis. Gol tunggal yang dicetak gelandang Marco Ilaimaharitra lewat tendangan bebas.

Hasil itu membuka peluang Madagaskar mencatat sejarah dengan melangkah ke 16 besar pada penampilan perdana di Piala Afrika, menyusul Nigeria yang dipastikan melaju dari Grup B. *ant

Komentar