nusabali

Salah Cetak Gol, Mesir ke 16 Besar

  • www.nusabali.com-salah-cetak-gol-mesir-ke-16-besar

Mohamed Salah mencetak satu gol ketika Mesir mengalahkan Republik Demokratik Kongo 2-0, pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Afrika 2019, di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Kamis (27/6) pagi WITA.

KAIRO, Nusa Bali

Kemenangan itu memastikan Mesir menyusul Nigeria, yang sudah lolos ke 16 besar usai menang 1-0 atas Guinea. Gol Salah yang dicetak beberapa menit jelang turun minum melengkapi pembuka keunggulan Mesir yang dicetak sang kapten Ahmed El Mohamady. Berkat dua gol itu, Mesir meraih enam poin penuh dan memuncaki klasemen Grup A.

Sedangkan Kongo masih tanpa poin menjadi juru kunci klasemen Grup A. Satu-satunya harapan Kongo melaju adalah mengalahkan Zimbabwe (1) di laga pamungkas demi mengambil alih peringkat ketiga serta berharap itu menjadikan satu dari empat posisi ketiga terbaik.

Pada laga grup A sebelumnya, Zimbabwe berbagi satu poin usai imbang 1-1 kontra Uganda di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Kamis dinihari WITA. Kedua tim membuang banyak peluang.

Zimbabwe sempat tertinggal oleh Uganda akibat gol Emmanuel Okwi, dan membalas lewat gol Khama Billiat. Kini Zimbabwe di posisi ketiga klasemen Grup A dengan satu poin, di bawah Uganda (4) yang diurutan kedua.

Hasil itu juga membuat peluang Zimbabwe menipis untuk pertama kali lolos dari fase penyisihan grup Piala Afrika. Terlebih tuan rumah Mesir (3) menang 2-0 atas Kongo (0).

Sementara itu, Nigeria menjadi peserta pertama Piala Afrika 2019 yang lolos ke 16 besar usai menang tipis 1-0 atas Guinea, pada laga kedua penyisihan Grup B, di Stadion Alexandria, Mesir, Rabu malam.

Gol tunggal dari Kenneth Omeruo pada menit ke-73 memastikan kemenangan Nigeria di laga tersebut. Padaha Nigeria memulai laga dengan kurang meyakinkan dan mendapati gawang mereka dua kali diancam dua pemain Guinea, Ibrahima Cisse dan Francois Kamano

Namun berkat kemenangan itu, Nigeria di puncak klasemen Grup B dengan enam poin dan meraih satu tempat di 16 besar. Guinea (1) sementara di urutan ketiga, sembari menunggu hasil antara dua tim debutan Madagaskar (1) dan Burundi (1). *ant

Komentar