nusabali

Hari Ini, Konfercab PDIP Se-Bali

  • www.nusabali.com-hari-ini-konfercab-pdip-se-bali

Diprediksi Tak Berubah

DENPASAR, NusaBali

Konsolidasi internal PDIP Bali jelang Kongres V PDIP di Denpasar, 8-11 Agustus 2019, akan dimulai Jumat (28/6) ini. Konsolidasi hari ini dikemas sebagai Rapat DPC PDIP Diperluas atau Konferensi Cabang (Konfercab), dengan melibatkan PAC PDIP Kecamatan, yang digelar serempak di 9 kabupaten/kota. Konfercab ini akan menghasilkan nama kandidat Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali.

Informasi yang dihimpun NusaBali, Kamis (27/6), seluruh DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali sudah siap menggelar Konfercab. Apa pun hasil Konfercab PDIP ini, diprediksi tidak akan berubah dari rapat di Kantor Sekretariat DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Niti Mandala Denpasar, Rabu (26/6) lalu, yang dihadiri seluruh Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali.

Perlu dicatat, dalam rapat di DPD PDIP Bali yang dipimpin langsung Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster hari itu, para Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali dipastikan mendapat reward untuk kembali memimpin partainya di masing-masing daerah. Demikian pula Ketua DPD PDP Bali Wayan Koster, dapat reward untuk kembali menduduki jabatannya periode 5 tahun ke depan, sebagai penghargaan atas sukses memenangkan Pileg 2019 dan Pilpres 2019 di Bali dengan kemenangan mutlak.

Maka, dalam Konfercab PDIP di masing-masing kabupaten/kota, hari ini, dipastikan akan menghasilkan para incumbent sebagai calon Ketua DPC PDIP lagi. Mereka adalah Nyoman Giri Prasta yang dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Badung 2020-2025, I Gusti Ngurah Gede jadi Ketua DPC PDIP Denpasar, I Komang Gede Sanjaya jadi Ketua DPC PDIP Tabanan, I Made Kembang Hartawan jadi Ketua DPC PDIP Jembrana, Putu Agus Suradnyana jadi Ketua DPC PDIP Buleleng, I Gede Dana jadi Ketua DPC PDIP Karangasem, AA Gde Anom jadi Ketua DPC PDIP Klungkung, Sang Nyoman Sedana Arta jadi Ketua DPC PDIP Bangli, dan Made Agus Mahayastra dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Gia-nyar.

"Konsolidasi partai sebelum Kongres V PDIP dimulai dar kabupaten/kota besok (hari ini), dengan menggelar Rapat DPC PDIP Diperluas atau rapat cabang. Nanti di rapat cabang akan diputuskan usulan Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota. Nama-nama yang muncul kemudian disampaikan ke DPD PDIP Bali untuk selanjutnya disampaikan kepada Ketua Umum DPP PDIP ( Megawati Soekarnoputri, Red)," ujar Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPD PDIP Bali, I Wayan Sutena, saat dihubungi NusaBali di Denpasar, Kamis kemarin.

Setelah dilaksanakan rapat cabang, kata Sutena, akan dilanjutkan ke proses konsolidasi yang lebih tinggi yakni Konferensi Daerah (Konferda) DPD PDIP Bali, 4 Juli 2019 depan. Nanti di Konferda akan muncul usulan nama calon Ketua DPD PDIP Bali. Nantinya, nama calon Ketua DPD PDIP Bali juga akan direkomendasikan DPP PDIP melalui ketua umum. Setelah itu, barulah Kongres V PDIP sebagai kon-solidasi level tertinggi," tandas politisi PDIP asal Desa Tegak, Kecamatan Klungkung ini.

Sementara itu, persiapan Rapat DPC PDIP Diperluas di tingkat cabang dipastikan sudah final. Sudah pula ada gambaran nama-nama yang akan muncul menjadi Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali. "Kalau soal hasil rapat cabang, saya ti-dak mau mendahului. Tapi, sesuai hasil rapat di DPD Bali dan hasil Rakernas IV PDIP di Jakarta (19 Juni 2019) kan sudah ada keputusannya. Ya, tunggu besok saja," ujar Ketua DPC PDIP Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, kepada NusaBali secara terpisah, Kamis kemarin. *nat

Komentar