nusabali

Koster Dapat Dukungan Kembali Pimpin PDIP Bali

  • www.nusabali.com-koster-dapat-dukungan-kembali-pimpin-pdip-bali

Menangkan Pileg/Pilpres 2019, Para Ketua DPC PDIP Juga Dapat Reward

DENPASAR, NusaBali

Ketua DPD PDIP Bali 2015-2020, Dr Ir Wayan Koster MM, kemungkinan besar akan kembali dipercaya menduduki jabatannya untuk periode 5 tahun berikutnya, melalui Konferensi Daerah (Konferda). Pasalnya, Wayan Koster bersama para Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali sukses mengantarkan partainya meraih kemenangan mutlak dalam Pilpres 2019 dan Pileg 2019 di Bali.

Mengacu hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Jakarta, Rabu (19/6) lalu, para Ketua DPD PDIP Provinsi dan Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota yang telah berprestasi dalam Pileg 2019/Pilpres 2019, mendapatkan reward (penghargaan) untuk kembali maju sebagai calon ketua partai di wilayah masing-masing.

Nah, Wayan Koster selaku Ketua DPD PDIP Bali sudah jelas prestasinya. Dia mampu mendongkrak perolehan kursi DPR RI dari semula 4 kursi menjadi 6 kursi yang direngkuh PDIP hasil Pileg 2019. Untuk kursi DPRD Bali, PDIP melesat menaikkan perolehan dari 24 kursi hasil Pileg 2014 menjadi 33 kursi hasil Pileg 2019. Selain itu, PDIP juga sapu bersih kemenangan mutlak dalam perebutan kursi parlemen di seluruh kabupaten/kota hasil Pileg 2019. Hanuya di DPRD Karangasem dan DPRD Klungkung hasil Pileg 2019, PDIP meuai kemenangan tipis.

Sedangkan untuk kursi DPRD Tabanan dan DPRD Badung 2019-2024 hasil Pileg 2019, PDIP bahkan mendominasi 28 dari total 40 kursi atau kuasai 70 persen suara parlemen. Untuk DPRD Gianyar, PDIP dominasi 26 kursui dari total 40 kursi parlemen. Di DPRD Denpasar, PDIP dominasi 22 kursi dari total 45 kursi parlemen. Demikian pula untuk DPRD Buleleng, PDIP dominasi 18 kursi dari total 45 kursi parlemen. Sementara di DPRD Jembrana, PDIP dominasi 18 dari total 35 kursi parlemen. Sebaliknya, untuk DPRD Bangli, PDIP mendominasi 16 kursi dari total 30 kursi yang diperebutkan.

Yang fantastis, pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin sukses besar meraih kemenangan mutlak 91,68 persen suara di Bali dalam Pilpres 2019. Ini merupakan hasil kerja keras semua jajaran, terutama Ketua DPD PDIP Bali dan 9 Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali.

Atas prestasinya membawa kemenangan mutlak partainya tersebut, maka Ketua DPD Bali dan 9 Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali mendapat dukungan untuk maju lagi sebagai calon ketua partai di wilayahnya masing masing. Artinya, Wayan Koster mendapat dukungan untuk kembali menjadi calon Ketua DPD PDIP Bali 2020-2025.

Demikian pula Nyoman Giri Prasta dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Badung 2020-2025, sementara I Gusti Ngurah Gede dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Denpasar, I Komang Gede Sanjaya dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Tabanan, I Made Kembang Hartawan dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Jembrana, Putu Agus Suradnyana dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Buleleng, I Gede Dana dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Karangasem, AA Gde Anom dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Klungkung, Sang Nyoman Sedana Arta dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Bangli, dan Made Agus Mahayastra dapat dukungan kembali jadi Ketua DPC PDIP Gianyar.

Perihal reward dalam bentuk dukungan sesuai hasil Rakernas ini terungkap saat Ketua DPD PDIP Bali dan 9 Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali menggelar rapat di Kantor Sekretariat DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Niti Mandala Denpasar, Rabu (26/6) siang. Rapat yang digelar siang pukul 13.30 Wita dengan melibatkan jajaran pengurus DPD PDIP Bali dan DPC PDIP se-Bali itu membahas persiapan pelaksanaan Kongres V PDIP yang akan dilaksanakan di Bali, 8-11 Agustus 2019 mendatang. Rapat kemarin diakhiri sesi foto bersama Wayan Koster dan para Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota.

Dari rapat kemarin, semua sepakat mendukung Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PDIP dalam Kongres V 2019 nanti. “Ini merupakan penghargaan kepada Ibu Megawati, karena berkat kepemimpinan beliau, partai bisa solid seperti sekarang dan mampu meraih kemenangan secara gemilang pada Pemilu serentak 17 April 2019 lalu. Kita sangat membutuhkan kepemimpinan beliau dalam menghadapi perkembangan politik nasional ke depan dalam mengawal pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi,” jelas Wayan Koster.

Koster juga mengakui berdasarkan hasil Rakernas V PDIP di Jakarta, sudah jelas diputuskan para ketua partai masing-masing level yang memiliki kinerja dan prestasi bagus, akan ditugaskan kembali memimpin partainya. Itu artinya, Ketua DPD PDIP Bali dan Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali saat ini mendapat priritas untuk kembali menduduki posisinya dalam perode 5 tahun ke depan.

”Hasil Rakernas V PDIP itu adalah bagi ketua partai di semua level yang berkinerja bagus, akan ditugaskan kembali memimpin partai. Prestasi PDIP di Bali dalam Pileg 2019 dan Pilpres 2019, itu terbaik di seluruh Indonesia,” tandas Koster seusai mengikuti sidang paripurna di DPRD Bali di Gedung Dewan, Niti Mandala Denpasar, Rabu kemarin.

Koster menyebutkan, Ketua DPD PDIP Bali dan 9 Ketua DPC PDIP Kabu-paten/Kota se-Bali akan diusulkan untuk kembali menduduki jabatannya dan diputuskan dalam Konferda PDIP dan Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP, 4 Juli 2019 mendatang. Namun, soal pencaloan kembali sebagai Ketua DPD dan Ketua DPC PDIP, kata Koster, semuanya harus melalui mekanisme yang diatur dalam peraturan partai.

"Itu semua sudah diatur dalam Peraturan Partai Nomor 28 tahun 2019 tentang Konsolidasi Partai, Pembentukan DPD dan DPC Partai dalam rangka Kongres V PDIP. Peraturan partai tersebut juga disampaikan dalam Rakernas V PDIP di Jakarta," tandas politisi PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

Siap menjadi Ketua DPD PDIP lagi? “Kalau saya diberikan kepercayaan, siap saja. Kalau di PDIP, itu penugasan. Mencalonkan tidak boleh, harus ada yang mengusulkan. Dan kalau memang dipercaya, saya bersedia dan siap,” katanya. Koster sendiri sebelumnya terpilih menjadi Ketua DPD PDIP Bali 2015-2020 melalui Konferda, 1 Maret 2015. Saat itu, Koster terpilih secara aklamasi. *nat

loading...

Komentar