nusabali

Punya 2 Pura Desa, 2 Pura Puseh, 3 Pura Dalem, 1 Pura Prajapati

  • www.nusabali.com-punya-2-pura-desa-2-pura-puseh-3-pura-dalem-1-pura-prajapati

Desa Pakraman Tunjuk juga memiliki tiga setra, krama setempat dibebaskan mau melaksanakan upacara Pitra Yadnya di mana sesuai kesepakatan keluarga besarnya.

Menurut Bendesa IB Kade Berata, seluruh krama Desa Pakraman Tunjuk yang tersebar di 12 banjar adat bebas untuk menggunakan setra mana dalam melaksanakan upacara Pitra Yadnya. Pemilihan setra dibebaskan, sesuai kesepakatan keluarga besar masing-masing. 

“Krama desa pakraman bebas untuk menggunakan setra mana saja, tergantung kesepakatan keluarga besarnya,” jelas bendesa IB Kade Berata. Biasanya, krama mengubur jenazah di setra yang lokasinya terdekat dari tempat tinggal mereka.

Hanya saja, lanjut dia, ada pengecualian untuk upacara Pitra Yadnya di Setra Kelakah, yang berlokasi di Banjar Adat Tunjuk Tengah. Di Setra Kelakah pantang dilakukan penguburan jenazah, tapi harus dilaksanakan pembakaran jenazah, baik untuk prosesi makingsan ring gni maupun pengabenan. “Di Setra Kelakah pantang mengubur jenazah, karena setra lokasinya sangat sempit,” katanya.

Komentar