nusabali

Punya 2 Pura Desa, 2 Pura Puseh, 3 Pura Dalem, 1 Pura Prajapati

  • www.nusabali.com-punya-2-pura-desa-2-pura-puseh-3-pura-dalem-1-pura-prajapati

Desa Pakraman Tunjuk juga memiliki tiga setra, krama setempat dibebaskan mau melaksanakan upacara Pitra Yadnya di mana sesuai kesepakatan keluarga besarnya.

Menurut Bendesa IB Kade Berata, Pura Dalem yang berlokasi di Banjar Adat Bungan Kapal biasa disebut Pura Dalem Munduk Sangkur. Piodalannya dilaksanakan 6 bulan sekali pada Anggara Kasih Dukut. Sedangkan dua Pura Dalem di Banjar Adat Tunjuk Kelod masing-masing disebut Pura Dalem Gendang dan Pura Dalem Gendeng. Piodalan kedua pura Dalem di satu banjar ini dilaksanakan bersamaan pada Anggara Kasih Medangsia.

Pura Tri Kahyangan di Desa Pakaraman Tunjuk yakni Pura Desa (2 unit), Pura Puseh (2 unit), dan Pura Dalem (3 unit) diempon pamaksan. Bendesa IB Kade Berata mengatakan, masing-masing pura diempon oleh 250 hingga 300 kepala keluarga (KK). 

“Baik Pura Desa, Pura Puseh, maupun Pura Dalem merupakan milik Desa Pakraman Tunjuk. Hanya saja, tanggung jawab diserahkan kepada masing-masing pangempon. Desa pakraman hanya menjadi pangempon Pura Prajapati yang berlokasi di Banjar Adat Tunjuk Kelod,” katanya. Berbeda dengan Tri Kahyangan, Pura Prajapati di Desa pakraman Tunjuk jumlahnya hanya satu. Pujawalinya dilaksanakan 6 bulan sekali pada Anggara Kasih Medangsia.

Tak ada catatan resmi, kenapa Desa Pakraman Tunjuk sampai memiliki 2 Pura Desa, 2 Pura Puseh, 3 Pura Dalem, dan 1 Pura Prajapati. Yang jelas, masing-masing Pura Desa, Pura Puseh, dan Pura Dalem yang ada di Desa Pakraman Tunjuk memiliki tapakan Barong dan Rangda.
 
Khusus Pura Dalem Gendang yang diempon 325 KK krama pemaksan, memiliki tapakan Barong Ket. Demikian pula Pura Dalem Gendeng, Pura Puseh, dan Pura Desa masing-masing memiliki tapakan Barong Ket. Sedangkan Pura Dalem Munduk Sangkur, memiliki tapakan Barong Macan.

“Hampir semua pura di Desa Pakraman Tunjuk memiliki Rangda. Karenanya, saat upacara melasti, Barong dan Rangda cukup banyak,” terang Bendesa IB Kade Berata. 
Keunikan di Desa Pakraman Tunjuk tidak berhenti sebatas jumlah Pura Tri Kahyangan yang berbeda dari desa pakraman lainnya di Bali. Menurut Bendesa IB Kade Berata, Desa Pakraman Tunjuk juga memiliki tiga setra (kuburan). Ketiga setra itu masing-masing berlokasi di Banjar Adat Tunjuk Kelod, Banjar Adat Tunjuk Tengah, dan Banjar Adat Beng.

Selanjutnya...

Komentar