nusabali

Pura Dalem dan Prajapati Terbakar

Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 3 Miliar

  • www.nusabali.com-pura-dalem-dan-prajapati-terbakar

Meski penyebab kebakaran masih diselidiki, namun dugaan sementara akibat api yang berasal dari pembakaran sampah.

MANGUPURA, NusaBali
Sejumlah palinggih di Pura Dalem dan Pura Prajapati Desa Adat Lambing, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal terbakar pada Kamis (12/10) siang. Dugaan sementara, kebakaran dipicu karena adanya pembakaran sampah di dekat pura. Kerugian pun ditaksir mencapai hingga Rp 3 miliar.

Kadis Damkar dan Penyelamatan Badung I Wayan Wirya, mengatakan pasca mendapatkan informasi kebakaran, langsung mengerahkan tim untuk memadamkan api di lokasi kebakaran. “Setelah informasi masuk kami langsung mengirimkan delapan unit armada ke TKP,” ujarnya.

Bendesa Adat Lambing IGN Agung Citra Umbara, mengatakan api dengan cepat bisa dipadamkan setelah petugas dari pemadam kebakaran dan BPBD Kabupaten Badung bekerja keras memadamkan api, sehingga tidak merembet ke semua palinggih yang ada di Pura Dalem dan Pura Prajapati Desa Adat Lambing. Meski penyebab kebakaran masih diselidiki, namun dugaan sementara penyebab kebakaran akibat api yang berasal dari pembakaran sampah.

Atas kejadian ini, beberapa palinggih di pura tersebut terbakar meliputi Pelinggih Gedong Ratu Mas Agung, Gedong Dalem, Palinggih Ratu Niang, Pepelik serta Palinggih Ratu Ibu. Kerugian ditafsir mencapai Rp 3 miliar. “Dengan terjadinya musibah ini saya mohon petunjuk kepada Bapak Bupati untuk langkah selanjutnya terkait perbaikan Pura Dalem dan Pura Prajapati,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sempat meninjau langsung kebakaran di Pura Dalem dan Pura Prajapati Desa Adat Lambing, Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal. Turut mendampingi Bupati Giri Prasta, Kalaksa BPBD Badung I Wayan Darma, anggota DPRD Badung I Nyoman Wiradana, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Bendesa Adat Lambing IGN Agung Citra Umbara, Perbekel Sibang Kaja Ni Nyoman Rai Sudani.

Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi kepada tim dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan dan BPBD Badung, sekaligus masyarakat yang sigap, cepat, dan tanggap, sehingga proses pemadaman api cepat teratasi. “Terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dan masyarakat yang ikut membantu proses pemadaman api, sehingga cepat teratasi. Setelah kejadian ini saya minta kepada pemangku melakukan upacara guru piduka,” ujarnya. 7 ind, asa

Komentar