nusabali

Puncak Mudik, Padangbai Masih Sepi

  • www.nusabali.com-puncak-mudik-padangbai-masih-sepi

Polsek Kawasan Laut Padangbai memberlakukan satu pintu untuk keluar masuk pelabuhan.

AMLAPURA, NusaBali

Pelabuhan Padangbai, Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem masih sepi meski sudah memasuki H-3 Lebaran. Peningkatan penumpang yang mudik terjadi pada malam hari. Kebanyakan pemudik bersepeda motor. Antrean hanya terjadi sekitar pelabuhan.  

Petugas Otoritas Pelayanan Pelabuhan (OPP) Pelabuhan Padangbai, Harar, mengungkapkan kapal yang mengangkut pemudik di malam hari pada Minggu (2/6) dari pukul 20.00 Wita hingga 23.30 Wita yakni KMP Naraya mengangkut 218 penumpang, KMP Prima Nusantara 203 penumpang, KMP Muryadi 424 penumpang, KMP Masagena 150 penumpang, KMP Wihan Bahari 302 penumpang, dan KMP Port Link VII 213 penumpang. Sedangkan kapal yang menurunkan penumpang di Pelabuhan Padangbai, jauh di bawah penumpang yang berangkat. Misalnya, KMP Wihan Bahari menurunkan 115 penumpang, KMP Muryadi 151 penumpang, KMP Prima Nusantara 154 penumpang, dan KMP Masagena 208 penumpang.

Harar mengatakan, sebanyak 38 kapal yang dioperasikan, hanya satu kapal masuk dok. Sementara KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, penumpang yang turun lebih sepi dari penumpang yang berangkat. “Diperkirakan H-3 sebagai puncak arus mudik, ternyata masih sepi,” katanya. Terpisah, Perwira Pengawas Polsek Kawasan Laut Padangbai AKP I Gede Suparwata mengatakan, dari tahun ke tahun penumpang mudik dan arus balik di Pelabuhan Padangbai relatif sepi. Arus mudik di Pelabuhan Padangbai hanya satu arah berangkat dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar. “Ternyata tidak begitu banyak arus mudik lebaran kali ini, buktinya tidak terjadi antrean. Peningkatan arus mudik hanya terjadi di malam hari,” jelas AKP Suparwata.

Meski demikian Polsek Kawasan Laut Padangbai memberlakukan satu pintu untuk keluar masuk Pelabuhan Padangbai. Pintu di bagian timur menuju Terminal Pura Silayukti ditutup, sehingga memudahkan petugas melakukan pemeriksaan. Petugas berjaga-jaga di empat pos. Pos I memeriksa surat-surat kendaraan penumpang yang handak berlayar menuju Pelabuhan Lembar, Pos II memeriksa surat-surat kendaraan bermotor penumpang yang baru turun di Pelabuhan Padangbai. Sedangkan Pos III memeriksa identitas penumpang pejalan kaki. Khusus di Pos IV di depan Kantor Polsek Kawasan Laut Padangbai, mencegat kendaraan penumpang yang dicurigai membawa barang-barang ilegal. Pemeriksaan selama ini, nihil temuan senjata tajam senjata api, dan barang-barang ilegal lainnya. *k16

loading...

Komentar