nusabali

Arus Mudik, Pengamanan di Terminal Mengwi Diperketat

  • www.nusabali.com-arus-mudik-pengamanan-di-terminal-mengwi-diperketat

Pemprov Bali memantau arus mudik di Terminal Mengwi, di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung, Kamis (30/5).

MANGUPURA, NusaBali

Pemantauan juga dihadiri oleh pihak Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali – NTB, TNI/Polri, dan stakeholder terkait. Selama arus mudik Lebaran tahun ini, pengamanan di Terminal Mengwi diperketat dengan melibatkan apara gabungan.

“Iya, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra meninjau sekitar pukul 10.00 Wita, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta, serta Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali – NTB Agung Hartono. Pemantauan ini guna memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik,” kata Koordinator Terminal Tipe A Mengwi Cok Agung Suarmaya.

Kemarin juga dilakukan pengecekan kelaikan kendaraan arus mudik. Sementara para sopir bus juga dicek kesehatan dan menjalani tes urine. “Tadi (kemarin) juga ada tes urine dari BNN, untuk memastikan pengemudi bus tidak dalam pengaruh narkoba, ini demi keselamatan penumpang,” katanya.

“Pemantauan ini rutin dilakukan, selain menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya pada saat Nataru juga dilakukan pemantauan. Situasi di Terminal Mengwi sejauh ini kondusif. Keamanan memang ditingkatkan, guna memastikan arus mudik tahun ini berjalan lancar,” tegasnya.

Pada bagian lain, mengantisipasi adanya penyeludupan bahan terlarang ke Bali, Unit Pengaturan Pembinaan Penjagaan dan Patroli (Turbinjali) Polda Bali melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang khususnya yang baru tiba di Bali, Kamis (30/5). Pemeriksaan juga melibatkan anjing pelacak jenis Malinois.

Kanit Satwa Direktorat Sabhara Polda Bali Iptu Wayan Nuaba, mengatakan pemeriksaan ini semata-mata untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan saat arus mudik. “Siapa tahu di antara mereka memanfaatkan hari raya ini untuk mengirim barang-barang berbahaya maupun narkoba ke Bali,” ujarnya.

“Kami sudah menyebar, di Terminal Ubung, Terminal Mengwi, Pelabuhan Padang Bai, dan Pelabuhan Gilimanuk,” ungkapnya sembari menyebut penjagaan dilakukan full selama 24 jam. *asa

Komentar