nusabali

Pusat Belum Bahas Proposal Beji Toyasah

  • www.nusabali.com-pusat-belum-bahas-proposal-beji-toyasah

Kantor Kementerian Agama Karangasem pada tahun 2017 ajukan proposal bantuan Rp 2 miliar ke Kementerian Agama RI untuk perbaiki Pura Beji Toyasah di Banjar Susut, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Pura Beji Toyasah untuk melasti Ida Bhatara di Pura Besakih hancur diterjang banjir. Setelah dicek ternyata proposal belum masuk pembahasan di pusat.   

Kepala Kantor Kementerian Agama RI, Dr Ni Nengah Rustini MAg, mengatakan banyak umat menanyakan perkembangan usulan dana perbaikan Pura Beji Toyasah yang diajukan ke Kementerian Agama RI. Kami tegaskan, sampai saat ini pusat belum memberikan persetujuan,” jelas Dr Rustini di Amlapura, Minggu (26/5). Dijelaskan, jika sudah dibahas oleh pusat pasti disertai melakukan survei ke lapangan untuk menentukan kelayakan bantuan dan teknis lainnya.   

Beji Toyasah dua kali rusak. Pertama air di telaga jebol, sehingga air mengalir melalui jalur bawah. Perbaikan darurat dengan menyumbat kebocoran dan menggelar upacara guru piduka pasca perbaikan. Berikutnya diterjang banjir besar sehingga palinggih hancur tersapu air dan mata air tertimbun. Beji Toyasah imerupakan tempat melasti Ida Bhatara di Pura Besakih saat menggelar Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh tiap dua tahun. *k16

Komentar