nusabali

Bedeng Terbakar, Seorang Dibawa ke RS karena Shock

  • www.nusabali.com-bedeng-terbakar-seorang-dibawa-ke-rs-karena-shock

Seorang penghuni bedeng didapati pingsan di lokasi kejadian kebakaran di Banjar Cenggiling, Jimbaran, Kuta Selatan, Rabu (22/5) malam.

MANGUPURA, NusaBali

Bedeng di lokasi proyek pembangunan yang terletak di Jalan Pantai Balangan, lingkungan Banjar Cenggiling, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ludes terbakar pada Rabu (22/5) sekitar pukul 21.15 Wita. Tidak diketahui secara pasti pemicu kebakaran, namun dugaan awal karena hubungan pendek arus listrik (korsleting). Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, tapi seorang penghuni yang diketahui bernama Anton, 51, dilarikan ke rumah sakit karena shock dan pingsan di lokasi kejadian.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya, mengungkapkan insiden kebakaran bedeng diterima pihaknya sekitar pukul 23.23 Wita. Setelah adanya laporan masuk, pihaknya mengerahkan personel dan 7 unit mobil damkar ke lokasi kejadian. Namun, saat tiba di lokasi, kondisi api sudah membesar dan merembet di seluruh bangunan bedeng yang berdiri di atas lahan 3 are. Meski demikian, petugas yang dikerahkan ke lokasi berjibaku menjinakkan api yang semakin membesar. “Kalau kejadiannya sekitar pukul 21.00 Wita. Tapi, laporannya baru masuk dua jam kemudian. Sehingga, tim yang tiba di lokasi mendapati api sudah membesar,” ujar Wayan Wirya, Kamis (23/5) siang.

Puluhan personel yang terjun ke TKP melakukan penjinakan api selama 30 menit dan sekitar pukul 01.05 Wita, api secara keseluruhan berhasil dipadamkan. Kemudian, dilanjutkan dengan pendinginan serta pendataan terhadap barang yang terbakar. Hasilnya, petugas pemadam dan kepolisian dari Polsek Kuta Selatan mendapati seluruh bangunan bedeng tersebut ludes terbakar beserta isinya. Selain itu, satu unit kendaraan sepeda motor juga terbakar. Masih menurut Wayan Wirya bahwa dalam kebakaran itu pihaknya mendapati satu orang penghuni bernama Anton asal Banyuwangi, Jawa Timur dalam kondisi pingsan di samping bedeng. Sehingga langsung dievakuasi ke RS Udayana, Jimbaran untuk penanganan medis. ”Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran, tapi satu orang penghuni ditemukan pingsan di sekitar lokasi. Dugaan awal pingsan karena shock mendapati tempat tinggal dan motornya ludes dilalap api,” imbuhnya.

Terkait penyelidikan di lapangan, bahwa penyebab kebakaran diduga dipicu hubungan pendek arus listrik. Sementara, untuk total kerugian kejadian itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. “Kalau penyebab pastinya masih menunggu penyelidikan polisi, tapi dugaan sementara akibat korsleting listrik,” tuturnya

Secara terpisah, Kapolsek Kuta Selatan AKP Dedi Monza mengaku belum memantau insiden kebakaran itu. “Saya belum monitor, saya cek dulu ya,” katanya melalui pesan singkat WhatsApp. *dar

Komentar