nusabali

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan di Jimbaran

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-tutup-akses-jalan-di-jimbaran

MANGUPURA, NusaBali - Insiden pohon tumbang terjadi di Jalan Kori Nuansa Utama, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, pada Kamis (18/4) siang. Pohon tumbang sempat mengakibatkan kekacauan lalu lintas, syukurnya tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung Ketut Murdika, menjelaskan pohon tumbang terjadi sekitar pukul 13.00 Wita. Pohon tumbang yang menimpa kabel itu membuat petugas harus kerja ekstra di lapangan. Beruntung respons dari petugas sangat cepat, sehingga hanya butuh waktu 30 menit dalam penanganan. Petugas juga dibantu warga setempat.

“Kami menerjunkan tiga personel dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Badung pos Kunti untuk memotong dan merapikan sisa-sisa pohon. Kami juga berkolaborasi dengan masyarakat, yang turut membantu proses pembersihan agar jalan bisa segera dibuka kembali,” kata Murdika.

Menurut Murdika, pohon yang tumbang tersebut adalah milik pribadi dan bukan jenis pohon perindang yang biasa ditanam di pinggir jalan. Pohon tumbang diduga karena angin kencang, yang menyebabkan akar pohon tidak mampu menahan beban.

Kejadian pohon tumbang sempat mengakibatkan kemacetan beberapa saat, syukurnya setelah ditangani oleh petugas, arus lali lintas di kawasan tersebut kembali berjalan normal. “Tidak ada korban jiwa atau luka yang dilaporkan dalam kejadian ini,” ungkap Murdika.

Dia mengimbau masyarakat untuk melaporkan kondisi pohon-pohon yang berpotensi membahayakan kepada pihak terkait, guna menghindari kejadian serupa di kemudian hari. Masyarakat juga diingatkan untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca, terutama selama musim angin kencang. 7 ol3

Komentar