nusabali

Bupati Giri Prasta Luncurkan Desa Digital

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-luncurkan-desa-digital

Sebanyak 46 desa di Kabupaten Badung telah menggunakan sistem digital atau berbasis IT dalam rangka memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

MANGUPURA, NusaBali

Secara resmi peluncuran desa digital ini dilakukan, Jumat (17/5) kemarin, langsung oleh Bupati Badung Badung I Nyoman Giri Prasta bersamaan dengan diadakannya peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Lapangan Puspem Badung.

“Peluncuran desa digital memang harus dilakukan di Kabupaten Badung. Salah satu Desa di Badung yakni Desa Punggul sudah menjadi percontohan desa digital secara nasional,” kata Bupati Giri Prasta.

Dengan Desa Digital ini, lanjut Bupati Giri Prasta, akan mampu meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Bupati menyontohkan, melalui desa digital ini, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Sistem Informasi Administrasi Desa dan Kelurahan (Siadek), Sistem Informasi Geografis (Sigadis), dan Sistem Informasi Pemerintahan Desa (Simpedes) dapat dengan mudah diakses. “Di Badung juga telah didukung infrastuktur memadai dengan diberikannya wifi gratis mulai di sekolah, puskesmas, kantor desa, hingga ke balai banjar,” papar bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) I Putu Gede Sridana, mengungkapkan persiapan menuju desa digital telah dilakukan sejak dua tahun lalu. Namun, baru digeber setelah semua infrastruktur pendukung tersedia. “Sekarang infrastruktur jaringan internet berbasis fiber optik hingga wifi gratis sudah semua desa dapat dijangkau. Jadi, sekarang seluruh desa di Badung sudah berbasis IT,” terangnya.

“Untuk teknis dari Dinas Komunikasi, sementara untuk konten dibawah kita (Dinas PMD),” ungkap Sridana.

Melalui diluncurkannya desa digital ini, baik itu berupa SIAK, Siadek, Sigadis, dan Simpedes, bisa dengan mudah diakses melalui android. “Dengan cara ini tentu memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan,” katanya. *asa

Komentar