nusabali

Klungkung Gelar Pelatihan Kerja ke LN

  • www.nusabali.com-klungkung-gelar-pelatihan-kerja-ke-ln

Percepat Anak KK Miskin Bekerja di Kapal Pesiar

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka pelatihan tenaga kerja ke luar negeri, di ruang rapat Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Kamis (2/5) Pagi. Kegiatan ini merupakan komitmen Bupati Suwirta dalam menuntaskan KK miskin di Klungkung. Selain itu, mempercepat proses keberangkatan anak dari KK miskin ke bekerja kapal pesiar.

Acara tersebut dihadiri Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali Dewa Gede Ngurah Byomantara, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan pelatihan ini merupakan komitmennya di dalam menuntaskan KK miskin di Kabupaten Klungkung. Sehingga harus diikuti dengan sebaik-baiknya. “Jangan sampai ada yang tidak serius,” ujar Bupati Suwirta dihadapan para peserta pelatihan tenaga kerja ke luar negeri.

Bupati Suwirta berharap setelah nantinya selesai mengikuti proses pelatihan para peserta ini juga bisa ikut terjun langsung ke lapangan menyambut tamu yang datang berkunjung ke Kerta Gosa maupun Monumen Puputan Klungkung sambil belajar bahasa Inggris. “Manfaatkan pelatihan ini dengan niat yang sungguh-sungguh agar perjuangan kalian tidak sia-sia,” harapnya.

Bupati meminta kepada para peserta yang sudah lolos seleksi ini nantinya bisa menjaga penampilan dan keterampian dalam mengikuti pelatihan. “Jaga penampilan dan kerapian diri masing-masing dengan baik,” Harapnya

Bupati menambahkan agar masyarakat, terutama KK miskin, yang berminat ikut pelatihan segera melapor ke perbekel masing-masing. Laporan itu agar mendapat tindaklanjut dalam proses pendaftaran. “Saya sudah tugaskan dinas terkait agar bekerjasama dengan perbekel mengurus pendaftaran ketika masyarakat yang nantinya masih ada mengikuti seleski,” ujarnya kembali.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Gede Kusumajaya mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja dan meningkatkan kualitas SDM melalui keterampilan. Dengan itu agar mereka bisa bersaing di dunia kerja. Peserta yang mengikuti pelatihan 20 orang. Mereka sudah lolos seleksi dari sebelumnya yang ikut mendaftar sebanyak 106 orang.

Materi pelatihan dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, khususnya pembekalan materi kepada para peserta tenaga kerja ke luar negeri. “Para peserta akan mengikuti pelatihan di kampus selama tiga bulan setelah itu dilanjutkan ke hotel selama dua bulan,” ujarnya. *wan

Komentar