nusabali

SMPN 1 Semarapura Juara I Lomba Teater

  • www.nusabali.com-smpn-1-semarapura-juara-i-lomba-teater

Lomba Teater tingkat SMP serangkaian peringatan HUT Puputan Klungkung ke-111 dan HUT Kota Semarapura ke-27, digelar di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Kamis (25/4) malam, berlangsung semarak.

SEMARAPURA, NusaBali

Juara I diraih SMPN 1 Semarapura dengan garapan berjudul Somya Suda. Pada lomba ini masing-masing peserta mengerahkan suporter hingga acara jadi riuh. Kebisingan para suporter sempat mengganggu dialog para pemain teater. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta serta sejumlah undangan yang turut hadir menyaksikan lomba pun sesekali tampak tertegun dengan teriakan para suporter yang berasal dari kalangan ABG (anak baru gede) itu. Lomba teater bertema Heroisme ini mengalami peningkatan peserta dari tahun sebelumnya yang hanya dua kelompok. Tahun ini empat kelompok teater yakni SMPN 2 Semarapura, SMPN 3 Dawan, SMPN 3 Semarapura, dan SMPN 1 Semarapura. Para juri yakni Kadek Ari Sugiarta alias Denok, Dewa Gede Alit Saputra dari Sanggar Kayonan dan Ida Bagus Gangga Prawita. Penilaian dititikberatkan pada unsur interpretasi, plot, teknik, komposisi, dan gaya.

Juara I diraih SMPN 1 Semarapura berjudul "Somya Suda", Juara II teater SMPN 2 Semarapura berjudul "Dibuang Musibah Diambil Anugrah ", dan Juara III SMPN 3 Semarapura berjudul "Balada Seorang Tukang Sampah".

Kepala SMPN 1 Klungkung I Nyoman Karyawan mengatakan teater dari sekolahnya diperkuat tuijuh orang, 15 membantu property, dan 10 pembantu di belakang layar. ‘’Kami bangga dengan hasil ini. Siswa yang kami libatkan dalam lomba ini, kelas 7 dan 8,” ujar Karyawan, Jumat (26/4).

Serita yang diangkat dari perwakilan SMPN 1 Semarapura ini yakni Somya Suda dengan garapan pentas kolaborasi antara seni modern dan seni tradisional. Garapan ini  mengutamakan dari segi penokohan, penghayatan tokoh, kemudian dari tata lampu, property seperti layar. Garapan ini menceritakan tentang kekuatan Penunggun kKarang, ketika ada orang yang berniat jahat menggunakan kekuatan mistik maka keluarga dibantu kekuatan Penunggun Karang,” ujarnya. *wan

Komentar