nusabali

Ancam Pukul Orang Tua, ODGJ Diamankan

  • www.nusabali.com-ancam-pukul-orang-tua-odgj-diamankan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gianyar amankan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Dewa Made Kariana,44, warga Banjar Triwangsa, Lingkungan Tegal Tugu, Gianyar, Senin (15/4).

GIANYAR, NusaBali

Dewa Made ditangkap saat gangguan kejiwaannya kumat hingga mengancam memukul orang tuanya. Dewa Made dijemput petugas pada pukul 09.00 Wita dan langsung dikirim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli.

Adik kandung Dewa Kariana, Dewa Putu Budayasa menjelaskan, kakaknya tersebut telah mengalami gangguan jiwa sejak tamat SMA. “Memang dia tamat SMA sempat kerja sebentar, setelah itu sudah menjadi seorang pendiam dan takut dengan orang ramai sehingga mengalami gangguan jiwa seperti sekarang. Kalau tidak dapat obat secara rutin, ngamuk dan mengancam seperti tadi,” paparnya.

Dia juga menjelaskan, kakaknya itu sudah sempat keluar masuk RSJ Bangli. Bahkan jika ditotalkan bisa mencapai tiga kali. “Sudah sering keluar masuk RSJ, sampai sana mau mendingan. Mungkin efek dari obat yang diberikan secara rutin. Kalau di rumah kan tidak teratur dapat obat, jadi sering kumat,” ujarnya.

Setiap obatnya habis, dipastikan akan berontak dengan menghancurkan barang-barang yang dilihatnya. “Ini pintu rumah sudah semua bolong sama kaca jendela juga pecah karena ulah dia. Takutnya kan jika anak-anak di rumah jadi korban. Makanya langsung dibawa lagi ke RSJ,” jelasnya.

Sedangkan dikonfirmasi Kasatpol PP Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Agusnawa mengatakan penangkapan tersebut berawal dari laporan keluarga ODGJ bersangkutan. Lantaran mengamuk di rumahnya dan mengancam orangtua. Saat petugas mengamankan di dapur rumahnya dikatakan tidak ada perlawanan  sama sekali. “Pelapor ibunya sendiri, karena bersangkutan mengamuk di rumah sambil mengancam bapaknya. Setelah diamankan oleh anggota Regu II, ia langsung dikirim ke RSJ Bangli,” imbuh Cok Agusnawa. *nvi

Komentar