nusabali

Pellet Sampah Akan Dijadikan Bahan Bakar Pemindangan

  • www.nusabali.com-pellet-sampah-akan-dijadikan-bahan-bakar-pemindangan

Pemkab Klungkung akan segera melakukan uji coba penggunaan pellet sampah sebagai bahan bakar dalam proses pemindangan ikan.

SEMARAPURA, NusaBali

Uji coba ini dilakukan dalam upaya mengurangi pemakaian kayu bakar dalam jumlah besar pada sentra produksi pemindangan ikan di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Salah seorang pelaku pemindangan, Komang Suridep, mengatakan di sentra pemindangan Desa kusamba terdapat 50 pelaku pemindangan. Tiap pemindang menghabiskan biaya sekitar Rp100.000 per hari untuk bahan kayu bakar saja. Selain biaya yang tinggi, pemakaian kayu bakar juga menimbulkan polusi udara. "Kami berharap dalam hasil uji coba penggunaan pellet sampah nanti, tidak akan menimbulkan aroma dan rasa yang berbeda pada olahannya," harapnya, Kamis (11/4).

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan pihaknya terus mengupayakan untuk mengurangi polusi udara yang ditimbulkan asap pemindangan dengan bahan bakar kayu bakar. Bupati Suwirta berharap pellet sampah yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit  listrik TOSS (tempat olah sampah setempat) ini juga akan berguna untuk sektor lain.

“Pellet sampah ini sudah pernah kami uji cobakan sebagai pengganti batubara, kami memasak makanan memakai kompor khusus pellet sampah dan hasilnya tidak menimbulkan aroma apapun, bahkan asap yang ditimbulkan pun sangat sedikit, untuk itu saya sangat optimis uji coba ini akan berhasil,” ujar Bupati Suwirta di ruang kerjanya, Kamis kemarin

Dalam ujicoba ini, nantinya akan disiapkan sebuah tungku bahan bakar pellet sampah. Sejumlah pelaku pemindangan akan turut diundang dalam ujicoba ini guna menilai hasil pemindangan dengan menggunakan bahan bakar pellet sampah. “Semua langkah dan upaya yang kita lakukan selama ini tujuannya hanya satu, yakni mengatasi permasalahan sampah, dengan benyaknya pemakaian pellet tentu akan dibutuhkan banyak pula sampah sebagai bahan pembuatan pellet,” ujar Bupati asal Nusa Ceningan, Nusa Penida, Klungkung ini.*wan

loading...

Komentar