nusabali

Hari Ini, Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan

  • www.nusabali.com-hari-ini-logistik-pemilu-mulai-didistribusikan

Berbagai persiapan menjelang Pemilu 17 April mendatang terus digenjot Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Terutama merampungkan proses finalisasi logistik yang dipusatkan di Gelandang Olah Raga (GOR) Kebo Iwa Gianyar. Untuk distribusi logistik di luar kotak suara akan didistribusikan ke seluruh desa se Kabupaten Gianyar mulai Jumat (12/4) hari ini hingga Sabtu (13/4) besok.

Ketua KPU Gianyar Putu Agus Tirta Suguna ditemui Kamis (11/4) kemarin menerangkan, pihaknya kini sedang merampungkan finalisasi logistik pemilu. Finalisasi ini berupa memasukkan logistik ke dalam kotak suara. Proses ini dilakukan dalam beberapa hari dibagi dengan beberapa kecamatan, seperti finaslisasi logistik untuk Kecamatan Blahbatuh dan Tampaksiring sudah digelar pada 6 April lalu dengan mengambil lokasi di Gudang Temesi. Selanjutnya finalisasi Kecamatan Sukawati dan Ubud pada Rabu (10/4) mengambil lokasi di GOR Kebo Iwa. Demikian pula finalisasi untuk kecamatan Gianyar, Tegallalang dan Payangan mengambil lokasi di Gor Keba Iwa pada Kamis kemarin. "Kita meminjam lokasi di sana, karena tempatnya yang lebih luas, sehingga bisa bekerja lebih mudah dan cepat," terangnya.

Disinggung terkait GOR Keba Iwa yang sempat kebanjiran beberapa waktu lalu, Ketua KPU mengaku bahwa pihaknya sudah menelusuri penyebab bencana tersebut, yakni got yang tertimbun material proyek. Namun kondisi tersebut sudah diperbaiki, bahkan dalam hujan lebat yang mengguyur Gianyar beberapa waktu lalu, banjir serupa tidak terulang. "Jadi sudah kita cek keamananya, astungkara hingga hari terakhir finalisasi ini tidak ada kebanjiran," jelasnya.

Sementara mulai Jumat (12/4) hari ini jajarannya mendistribusikan logistik di luar kotak ke seluruh desa di Kabupaten Gianyar. Logisitik tersebut seperti bilik suara, denah TPS, stiker larangan di TPS, Salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan lainya. "Pendistribusian logistik ini kita lakukan hingga Sabtu (13/4)," imbuhnya.

Sementara untuk logistik di dalam kotak suara akan didistribusikan H-2 pencoblosan, yakni mulai 14 hingga 15 April. Nah pendistribusian logistik berupa surat suara ke seluruh kantor desa dan kelurahan, ini dipastikan akan mendapat pengawalan ketat polisi. "Kita sudah berkordinasi dengan jajaran Polres untuk membantu pengawalan, hingga pada 16 April nanti kita akan lakukan monitoring bersama kesiapan seluruh TPS di Gianyar," katanya. *nvi

Komentar