nusabali

16 Tahun Bawaslu, Ajang Refleksi Songsong Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-16-tahun-bawaslu-ajang-refleksi-songsong-pilkada-2024

DENPASAR, NusaBali - Enam belas tahun menjadi salah satu tulang punggung demokrasi di Indonesia, sudah banyak pencapaian dan kontribusi yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Di sisi lain, masih ada ruang untuk perbaikan, apalagi setelah Pemilu Serentak 14 Februari 2024, Bawaslu sudah ditunggu tugas mengawal Pilkada Serentak 27 November 2024.

Hal itu ditegaskan Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna saat menggelar Apel Peringatan HUT ke-16 Bawaslu di Halaman Kantor Bawaslu Bali, Jalan Moh Yamin, Niti Mandala, Denpasar, Selasa (16/4) pagi.

Apel peringatan HUT Bawaslu kemarin dihadiri oleh Anggota Bawaslu Bali, I Wayan Wirka, I Nyoman Gede Putra Wiratma, Ketut Ariyani, dan Gede Sutrawan serta Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali.

Agus Suguna mengatakan, selain pencapaian dan kontribusi, momen HUT juga menjadi refleksi diri terhadap peran dan kiprah Bawaslu, sekaligus menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan berbagai stakeholder Pemilu.

“Perjalanan yang cukup panjang telah dilalui Bawaslu, momen hari ini (kemarin,red) sebagai bentuk refleksi terhadap peran yang telah dilakukan selama mengawal proses demokrasi di Bali,” ujar pria asal Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar ini.

Menurut Agus Suguna, pada 9 April 2024 Bawaslu tepat berusia 16 tahun. Peringatan ulang tahun Bawaslu yang bertepatan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 ini juga menjadi kesempatan untuk memperingati pencapaian dan kontribusi yang telah dilakukan oleh Bawaslu. Di tahun ke-16 ini, Agus Suguna berharap ke depan Bawaslu tetap bisa menjaga integritas dan netralitas dalam melakukan tugas dan fungsi pengawasan yang diamanatkan aturan.

“Peringatan ulang tahun ke-16 Bawaslu merupakan momen penting yang menandai perjalanan panjang Bawaslu dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas Pemilu, tentu harapannya Bawaslu tetap mengukuhkan eksistensinya, selalu bersikap netral dan menjaga integritas,” tegas mantan Ketua KPU Gianyar ini.

Usai gelaran Pemilu Serentak 2024,  kata Suguna, Bawaslu Bali sudah ditunggu hajatan yang tidak kalah penting yakni Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung 27 November 2024 mendatang. Saat ini Bawaslu Bali tengah melakukan persiapan terkait proses rekrutmen panitia ad hoc, baik PTPS, PDK, dan Panwaslu Kecamatan (Panwascam). “Kita tinggal menunggu juknisnya. Tapi sosialisasi sudah kita lakukan dan penyebaran informasi ke masyarakat melalui pengumuman di media sosial,” ujar Suguna. a

Komentar