nusabali

Digelar di 6 Kecamatan, Terkumpul 8 Truk Sampah

  • www.nusabali.com-digelar-di-6-kecamatan-terkumpul-8-truk-sampah

Bersih-bersih Sampah Serentak di Kabupaten Badung

MANGUPURA, NusaBali

Masyarakat di enam kecamatan di Kabupaten Badung serentak melaksanakan aksi bersih-bersih sampah plastik pada Minggu (7/4) pagi. Kegiatan dalam rangka ‘Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik’, melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung ini menyasar kawasan-kawasan strategis, seperti daerah pariwisata, pantai, pasar tradisional, maupun di kawasan pura. “Tujuan diadakannya aksi bersih-bersih serentak ini untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Bali,” kata Kepala Dinas LHK Badung I Putu Eka Merthawan.

“Untuk di Badung, kegiatan bersih-bersih kami fokuskan pada semua kecamatan, dengan lokus yang berbeda-beda. Dari Kecamatan Petang itu kawasan Jembatan Tukad Bangkung, Abiansemal di areal Pasar Mambal, Kecamatan Mengwi di Pantai Pererenan, Kecamatan Kuta Utara di Loloan Yeh Poh Pantai Berawa, Kecamatan Kuta kawasan hutan mangrove seputar Kampung Kepiting. Sedangkan di Kuta Selatan di Pura Dalam Geger Pemutih di Kelurahan Benoa,” ucap Merthawan.

Aksi tersebut berhasil mengumpulkan sampah sebanyak delapan truk, baik sampah organik maupun non organik. “Hanya 8 truk saja. Artinya kita memang sudah konsisten melakukan kerja seperti ini, sehingga tidak banyak sampah berserakan. Yang paling banyak itu di Loloan Yeh Poh Pantai Berawa,” ungkap Merthawan.

Sementara Perbekal Pererenan I Made Rai Yasa, sangat mengapresiasi terselenggaranya aksi bersih-bersih tersebut. Di Pererenan, kegiatan bersih-bersih difokuskan di sepanjang Pantai Pererenan yang membentang sepanjang sekitar 1 kilometer. “Kegiatan bersih-bersih kami mulai pada pukul 06.30 Wita. Saya mewakili masyarakat Desa Pererenan, sangat mendukung program pemerintah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Saya yakin melalui program ini dapat membuat wilayah Badung dan Bali secara keseluruhan bisa semakin bersih, sehingga membuat nyaman masyarakat,” tandasnya. *asa

loading...

Komentar