nusabali

Murid SMP 1 Saraswati Raih Juara II OSN Matematika Tingkat Kabupaten Tabanan

  • www.nusabali.com-murid-smp-1-saraswati-raih-juara-ii-osn-matematika-tingkat-kabupaten-tabanan

Veronica Sulastri Putri Pura, murid kelas VIII SMP 1 Saraswati Tabanan memperoleh juara II Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang Matematika tingkat kabupaten.

TABANAN, NusaBali

Prestasi tersebut akan membawa Veronica berlomba di OSN tingkat Provinsi Bali.  Kepala SMP 1 Saraswati Tabanan Ayu Arya Semerti bersyukur atas prestasi siswanya tersebut. Prestasi ini turut membantu mengangkat citra SMP 1 Saraswati. “Seperti sudah diketahui, kami memiliki siswa sedikit. Dengan prestasi ini kami bisa membuktikan bahwa kita bisa,” ujarnya, Kamis (4/4). Dikatakan OSN tersebut dilaksanakan di SMPN 2 Tabanan pada 16 Maret 2019. Peserta OSN sebanyak 39 SMP negeri dan swasta di Tabanan.

Sebenarnya ada tiga siswa kelas VIII yang dikirim mengikuti OSN 2019 ini. Yakni sains IPA, IPS, dan Matematika. “Yang memperoleh juara sains Matematika, sementara sains IPA di peringkat 5, dan sains IPS di peringkat 27,” bebernya.

Penjaringan murid yang dipilih, menurut Semerti, dilihat dari kemampuan siswa bersangkutan. Murid yang dikirim adalah siswa yang berprestasi dan mendapat peringkat 1, 2, dan 3 di kelas.

Sementara Veronica Sulastri Putri Pura, 14, mengaku bersyukur bisa diberikan kesempatan membanggakan sekolah. Meskipun awalnya dia minder karena saingannya adalah murid SMP negeri. “Awalnya saya minder dan takut tidak menang,” ucap Veronica yang tinggal di Perumahan BTN Puskopad II Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri.

Dia mengaku sebelum mengikuti lomba, persiapan terus dilakukan. Dia belajar setiap sore untuk memahami setiap rumus Matematika. Tak jarang pula kesulitan selalu dihadapi, namun berkat dukungan orangtua dan guru, dia bisa memecahkan kesulitan. “Soal-soal di lomba lumayan sulit,” imbuhnya.

Dengan perolehan itu, Veronica nantinya akan ikut berlomba di OSN tingkat provinsi. “Minimal bisa buat bangga sekolah dulu, meskipun siswanya sedikit, kami bisa bersaing dengan sekolah lain,” akunya.

Seperti diketahui SMP 1 Saraswati adalah sekolah yang terletak di Kecamatan Tabanan. Tetapi setiap tahun sekolah ini sangat sedikit kebagian siswa. Seperti PPDB tahun 2018 kemarin, hanya mendapatkan murid baru sebanyak 9 orang. Pada PPDB tahun 2017 mendapatkan siswa sebanyak 30 orang, sementara untuk PPDB tahun 2016 tidak mendapatkan siswa sehingga siswa di SMP 1 Saraswati saat ini berjumlah 39 orang. *des

loading...

Komentar