nusabali

Empat Siswa Sakit Tak Ikut UNBK SMA

  • www.nusabali.com-empat-siswa-sakit-tak-ikut-unbk-sma

Dari total 4.054 peserta UNBK SMA di Badung, pada hari pertama ujian, empat orang absen karena sakit, lima orang sudah berhenti sekolah.

MANGUPURA, NusaBali

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer  (UNBK) serentak bagi murid SMA dimulai pada Senin (1/4). Di Kabupaten Badung, dari sebanyak 4.054 siswa yang tercatat menjadi peserta UNBK SMA, sembilan orang tidak hadir di hari pertama. Empat orang absen karena sakit, lima orang berstatus sudah berhenti.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Badung Putu Jaya Kusuma, mengungkapkan pelaksanaan UNBK secara umum berjalan lancar. Kendati begitu, tidak semua yang tercatat sebagai peserta ikut dalam ujian perdana dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata dia, selain ada yang berhalangan karena sakit, ada juga yang tidak ikut ujian lantaran sudah berhenti.

“Dari rekap kehadiran dalam UNBK, empat orang tidak ikut ujian karena sakit. Sisanya karena sudah berhenti,” ungkap Jaya Kusuma. Menurut dia, murid yang sakit adalah dari SMAN 1 Kuta, SMA Dwijendra Bualu, SMAN 2 Mengwi, dan Canggu Community School.

Pihaknya belum bisa memastikan, apakah pada pelaksanaan ujian hari kedua peserta yang sakit sudah bisa mengikuti ujian atau tidak. Namun bagi siswa yang berhalangan akan diarahkan mengikuti ujian susulan. “Sudah pasti itu, yang tidak ikut (UNBK hari pertama) bisa ikut ujian susulan. Jadwalnya sudah ada,” katanya.

Sesuai jadwal yang ditetapkan, ujian susulan akan dilaksanakan pada Senin 15 April 2019, sesi 1 pukul 07.30-09.30 mata pelajaran Bahasa Indonesia, sesi 2 pukul 10.30-12.30 mata pelajaran Matematika. Ujian susulan kemudian lanjut pada hari Selasa 16 April 2019, sesi 1 pukul 07.30-09.30 mata pelajaran Bahasa Inggris, sesi 2 pukul 10.30-12.30 yakni satu mata pelajaran jurusan yang diujikan.

Disinggung, apakah ada kendala teknis dalam pelaksanaan UNBK, Jaya Kusuma yang juga Kepala SMAN 2 Kuta, ini memastikan semua tahapan berjalan lancar. “Astungkara, semua lancar. Mudah-mudahan sampai akhir nanti semua lancar,” harapnya.

Untuk diketahui, berikut jadwal UNBK SMA, pada hari kedua Selasa (2/4) mata pelajaran Matematika. Kemudian pada hari berikutnya lagi, Kamis (4/4) mata pelajaran Bahasa Inggris, dan hari terakhir Senin (8/4) adalah satu mata pelajaran jurusan yang diujikan. *asa

Komentar