nusabali

Surat Suara Dilipat di Gianyar, Ditemukan Ada yang Rusak

  • www.nusabali.com-surat-suara-dilipat-di-gianyar-ditemukan-ada-yang-rusak

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar sudah dimulai sejak pekan lalu.

GIANYAR, NusaBali

Bahkan untuk pelipatan surat suara DPRD Kabupaten Gianyar telah rampung. Sejumlah surat suara ditemukan dalam kondisi rusak.

Hal itu diungkapkan anggota Komisioner KPU Gianyar Bidang Hukum dan Pengawasan, I Wayan Mura, Senin (4/3). "Kita gunakan tenaga dari masyarakat sebagai buruh pelipatan surat suara dengan jumlah 100 orang. Surat suara yang sudah selesai dilipat baru DPRD kabupaten saja, sehingga ditemukan 10,14 persen surat suara yang dinyatakan rusak. Rusaknya pun karena ada robek dan bekas goresan tinta percetakan," terangnya.

Mura mengaku akan menindaklanjuti surat suara yang rusak dengan melapor ke pusat. Sedangkan sekarang pihaknya hanya mengumpulkan saja surat suara yang rusak tersebut, dan menunggu arahan dari pusat. "Kami bekerja sesuai tahapan dan standar opersional prosedur (SOP) yang berlaku," jelasnya.

Sedangkan saat ini ratusan tenaga pelipatan surat suara yang bekerja di halaman kantor KPU Gianyar tengah melipat surat suara DPD RI. Disinggung surat suara yang rusak pada surat suara DPD RI baru ditemukannya tiga lembar. Meski terbentur dengan pelaksanaan Nyepi, ia berharap pelipatan surat suara selesai sesuai target.

"Peserta lipat juga kita periksa setiap pulang maupun datang saat melipat. Hal itu sebagai langkah antisipasi kita tidak terjadinya hal yang diinginkan," pungkasnya. *nvi

Komentar