nusabali

Pohon Nangka Tumbang Tutup Jalur Tabanan–Penebel

  • www.nusabali.com-pohon-nangka-tumbang-tutup-jalur-tabanan-penebel

Hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Tabanan mengakibatkan pohon nangka tumbang di Banjar Pasekan Baleran, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, pada Minggu (3/3).

TABANAN, NusaBali
Akibatnya jalur Tabanan – Penebel tertutup selama satu jam. Informasi yang berhasil dihimpun, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Pohon nangka berdiamter 30 centimeter tersebut tumbang ke arah jalan raya. Beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan yang lewat.

Tumbangnya pohon tersebut hingga menutup seluruh jalan, membuat arus lalu lintas terpaksa dialihkan. Bagi warga yang hendak ke Penebel atau ke arah Tabanan mereka harus mengambil jalur lain seperti dari Banjar Jambe Baleran menuju Banjar Tuakilang, Kecamatan Tabanan atau dari Desa Kamasan menuju Desa Kebontingguh, Kecamatan Tabanan lanjut ke Banjar Tuakilang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan I Putu Trisna Widyatmika, mengatakan pihaknya bersama petugas tim reaksi cepat (TRC) langsung turun ke lokasi setelah mendapat laporan dari warga ada pohon tumbang menutup jalan raya. “Butuh waktu satu jam bagi petugas menuntaskan evakuasi pohon yang cukup besar dan keras,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk proses evakuasi pihaknya dibantu oleh anggota polisi dan masyarakat setempat. Petugas memotong-motong batang dan dahan pohon dengan mesin chainsaw. “Sekarang arus lalu lintas sudah normal, pohon tumbang karena sudah lapuk,” tandasnya. *de

Komentar