nusabali

Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Forsesdasi Tahun 2019

  • www.nusabali.com-rakornas-implementasi-reformasi-birokrasi-dan-forsesdasi-tahun-2019

Rai Iswara Berharap Jadi Momentum Wujudkan Fungsi Strategis ASN Dalam Pembangunan

DENPASAR, NusaBali

Rapat Koordinasi Nasional Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi (Forum Sekertaris Daerah Seluruh Indonesia) tahun 2019 diselenggaraakan dari tanggal 20 hingga 22 Februari 2019 bertempat di BSCC Dome Kota Balikpapan, Kaltim. Rakornas di tahun 2019 ini  mengambil tema 'Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Guna Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Kelas Dunia 2025 Melalui Inovasi Pelayanan Publik dan Pencegahan Korupsi'. Acara ini dibuka Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, Rabu (20/2).

Dalam rekernas tersebut turut dilaksanakan diskusi dengan tema Peran Inovasi Daerah Dalam Menunjang Pelayanan Publik  dan Akuntabilitas Daerah oleh Gubernur Kaltim, Dr.Ir.H.Isran Noor,M.Si. Dilaksanakan pula pembicaraan Panel oleh sejumlah narasumber, diantaranya Hadi Prabowo dari Kemendagri, Muhamad Yusuf Ateh dari KemenPan-RB, Komisioner KASN I Made Suwandi, Ketua DPN Korpri Zudan A.Fakrullah, Pahala Nainggolan dari KPK, I Nyoman Arsa dari BKN, laporan Progress Pencapaian Rencana Kerja Forsesdasi Tahun 2019, Penentuan Tuan Rumah Rakornas Forsesdasi 2020, serta pembulatan serta kesimpulan Rakornas 2019.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN Rai Iswara hadir bersama seluruh Sekda se-Kabupaten di Bali yang tergabung dalam Forsesdasi Bali. Turut hadir pula Sekertaris DPRD Kota Denpasar I Putu Gede Dharma Wiyasa, Inspektur Kota Denpasar, I.B Gede Sidharta, Kadisbud IGN Bagus Mataram serta Kabag Organisasi, I.B Alit Adhi Merta.

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan Sekretaris Daerah memiliki tugas penting dalam membantu tugas kepala daerah. Fungsi sekda harus secara cepat menjabarkan janji kampanye dalam program jangka pendek dari pimpinan daerah terpilih hasil pemilu. Utang politik kepada rakyat ini juga harus memperhatikan dinamika yang ada dan dirumuskan dengan baik sehingga program bisa dilaksankan dengan tepat.

"Fungsi sekda dalam tugasnya mengkoordinasikan tugas pimpinan daerah, melakukan pengawasan dan pelaksanaan fungsi strategis lainnya. Sekda juga harus cakap dalam membangun sinergi dan konektivitas yang baik. Libatkan juga unsur lainnya seperti TNI, Polri dan BIN serta koordinasikan dengan semua pihak untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Posisi sekda sangat vital dalam menjaga stabilitas daerah dengan segala kompleksivitas masalah yang ada didalamnya" ujar Mendagri Tjahjo Kumolo.

Ketua Umum Forsesdasi, Nasrun Umar dalam sambutannya mengatakan dalam pertemuan akbar ini bagaimana sesungguhnya tugas seorang Aparatur Sipil Negara untuk bekerja sebaik-baiknya. Untuk itu maka dihadirkan pengurus sekretaris dewan, kepala inspektorat, kepala biro/badan sekertariat se-Indonesia agar nantinya dapat dilakukan pemetaan. "Ada beberapa isu strategis yang dibahas dalam pertemuan ini diantaranya percepatan reformasi birokrasi dan pencegahan korupsi. Untuk menjawab isu -isi  tersebut maka dihadirkan narasumber yang kompeten. Semoga silaturahmi ini dapat terus ditingkatkan dalam memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara" ujar Nasrun Umar.

Sementara Sekda Kota Denpasar, AAN.Rai Iswara mengapresiasi pelaksanaan Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi (Forum Sekertaris Daerah Seluruh Indonesia) Tahun 2019. "Hendaknya Rakornas serta Rakernas ini dapat dijadikan momentum bagi seluruh sekretaris di Indonesia atau khususnya di Pemerintah Bali untuk mewujudkan fungsi sebagai ASN yang strategis dalam mendukung pembangunan daerah sesuai dengan dinamika yang terjadi dewasa ini" ujar Sekda Rai Iswara. *ami

Komentar