nusabali

Krama Duda Mlaspas Sanggar Surya

  • www.nusabali.com-krama-duda-mlaspas-sanggar-surya

Krama Desa Pakraman Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, mlaspas palinggih Sanggar Surya dan Sanggar Tawang serta panggungan di Pura Puseh pada Purnama Kasanga bertepatan Anggara Kliwon Tambir, Selasa (19/2).

AMLAPURA, NusaBali
Pembuatan Sanggar Surya, Sanggar Tawang, dan panggungan ini untuk Karya Tabuh Gentuh di Pura Puseh Duda. Upacara dipuput Ida Pedanda Gede Putu Ngenjung dari Geria Keniten, Banjar Bencingah, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem.

Pangrajeg Karya Tawur Tabuh Gentuh, Ida Bagus Gede Suyasa, mengatakan Sanggar Tawang dibangun untuk linggih banten catur yang merupakan lambang empat kemahakuasaan Ida Sang Hyang Widhi. Sanggar tawang ditujukan untuk alam Swah Loka, bale panggungan untuk alam Bhuah Loka dan Bhur Loka di ibu pertiwi tempat menggelar pacaruan. Diterangkan, Karya Tawur Tabuh Gentuh diselenggarakan setiap 10 tahun sekali.

Prosesi mlaspas diisi pementasan tari Rejang Dewa dibawakan 10 penari dari SDN 1 Duda dan SDN 3 Duda. Ada pula pemantasan wayang kulit oleh dalang Ida Bagus Ngurah dari Geria Taman, dan Baris Gede dengan 10 penari dari Pasraman Geria Satwiguna, Desa Rendang, dan tari Rejang Renteng. Bendesa Pakraman Duda, I Komang Sujana, menambahkan, melasti ke Pantai Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis pada Redite Paing Matal, Minggu (3/3), mepepada wewalungan Soma Pon Matal, Senin (4/3), dan puncak Karya Tawur Tabuh Gentuh Buda Kliwon Matal, Rabu (6/3) mendatang. *k16

Komentar