nusabali

Eks ODGJ dan Lansia di Tabanan Rayakan Hari Kasih Sayang

  • www.nusabali.com-eks-odgj-dan-lansia-di-tabanan-rayakan-hari-kasih-sayang

Dinas Sosial Kabupaten Tabanan dengan Komunitas Peduli Kesehatan Mental (Kopi Kental) merayakan Hari Valentine bersama eks orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan sejumlah warga lanjut usia (lansia) di Kampung Investasi Hati di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan/Kabupaten Tabanan pada Kamis (14/3).

TABANAN, NusaBali
Mereka merayakan dengan makan bersama, dan para eks ODGJ serta lansia diberikan bimbingan mental.  Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Tabanan Driana Rika Rona, mengatakan kegiatan yang digagas saat Hari Valentine sebenarnya mendadak. Karena ingin memaknai hari kasih sayang tersebut sehingga dibuatkan acara yang melibatkan seluruh unsur yang tergabung dalam Kopi Kental. “Ada dari Satpol PP, staf sosial, dan para eks ODGJ dan lansia,” ungkapnya.

Rika Rona menyatakan, kegiatan sederhana berupa makan bersama serta ada kegiatan bimbingan mental terutama bagi eks ODGJ yang tinggal di Kampung Investasi Hati. “Jadi tujuannya lebih ke tidak memandang kedudukan mereka. Merayakan hari kasih sayang tidak hanya bersama pacar, tetapi semua orang terutama para lansia dan eks ODGJ,” imbuhnya.  

Dan dalam kesempatan tersebut selain merayakan Valentine dengan sederhana, juga didatangkan psikater dr Mahayasa memberikan bimbingan mental khususnya kepada eks ODGJ. “Jadi acaranya kumpul-kumpul, ada mahasiswa yang praktek keperawatan yang menyuapi makan para lansia,” jelas Rika Rona.

Diakui Rika Rona, di Kampung Investasi Hati yang telah menjadi UPTD pelayanan sosial merawat 10 orang ODGJ dan 10 orang lansia. Mereka seluruhnya berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Tabanan. “Ada 10 orang petugas yang merawat mereka, mulai dari memasak, melayani makan, memandikan, dan membersihkan tempat tidur maupun yang lain,” tandasnya. *de

loading...

Komentar