nusabali

Surat Suara Pemilu Sudah Mulai Didistribusikan

  • www.nusabali.com-surat-suara-pemilu-sudah-mulai-didistribusikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng mulai menerima logistik surat suara keperluan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) Tahun 2019, secara bertahap.

SINGARAJA, NusaBali
Yang sudah masuk ke gudang KPU di Desa Pemaron, Kecamatan Buleleng, baru surat suara untuk Pileg tingkat DPRD Provinsi Dapil Buleleng, dan DPR RI Dapil Bali.

Surat suara Pileg dan Pilpres mulai diterima secara bertahap oleh KPU Buleleng, sejak Rabu (6/2) sore lalu. Proses distribusi dari percetakan ke gudang logistik KPU Buleleng diharapkan bisa tuntas dalam beberapa hari kedepan.

Surat suara yang sudah diterima untuk DPRD Provinsi dan DPR RI sebanyak 1.189 buah dus. Total ada 594.086 lembar surat suara untuk tingkatan DPRD Bali maupun DPR RI. “Surat suaranya kami terima mulai kemarin (Rabu, red) sore. Kami baru selesai memindahkan dari truk ke gudang itu malam hari. Jumlahnya cukup banyak, jadi buruh angkutnya agak kewalahan,” kata Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana, ditemui Kamis (7/2).

Menurutnya, logistik surat suara untuk tingkatan lainnya, akan menyusul secara bertahap. Rencananya surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) juga akan segera didistribusikan ke gudang logistik. Demikian pula dengan surat suara untuk pemilihan DPRD Buleleng.

Untuk sementara logistik surat suara masih dibiarkan dalam kondisi terbungkus dus. KPU Buleleng masih menanti jadwal penyortiran serta pelipatan surat suara dari KPU Bali. Dalam pelipatan itu, KPU akan melibatkan cukup banyak tenaga, karena jumlah surat suarat cukup banyak. Kini logistik tersebut akan dijaga aparat keamanan hingga tahap pendistrisbusian ke masing-masing TPS.

Didaerah lain, surat suara juga sudah tiba di Kantor KPU Badung, Jalan Kebo Iwa Nomor 39, Denpasar, Kamis (7/2) sekitar pukul 15.00 Wita. Surat suara diangkut menggunakan mobil box DK 9939 UJ. Mobil box yang membawa surat suara dari salah satu percatakan di Denpasar langsung mendapatkan pengawalan ketat aparat kepolisian setibanya di kantor KPU Badung. Aparat kepolisian dari Polres Badung bahkan tampak bersenjata lengkap.

Surat suara secara resmi diterima oleh Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta didampingi Komisioner KPU Badung Nur Sodiq, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, Plt Sekretaris KPU Kabupaten Badung I Gusti Nyoman Wiraguna, beserta staf logistik Nyoman Maie Sandrawati. Total surat suara yang diterima KPU Badung, sebanyak 392.302 lembar dengan menggunakan sebanyak 196 box besar dan ditambah 1 box kecil.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta mengatakan, surat suara yang tiba adalah surat suara pemilih Presiden dan Wakil Presiden. “Jumlah surat suara yang diterima sesuai jumlah DPT ditambah 2 persen surat suara cadangan. DPT Badung 384.609 ditambah 2 persen surat suara jadi totalnya 392.302 surat suara,” ujarnya.

Kendati sudah tiba tapi surat suara tersebut tidak langsung disotir, melainkan disimpan digudang KPU Badung. “Untuk mengamankan surat suara, KPU Badung melibatkan jajaran kepolisian, serta dari unsur pengawas dari Bawaslu Badung,” tandas pria yang akrab disapa Kayun itu.

Disinggung waktu kedatangan suara suara lainnya, Kayun mengungkapkan menunggu pengiriman dari pihak pencetakan. “Terkait surat suara varian lainnya seperti DPR, DPD, dan DPRD Provinsi, dan Kabupaten, kami belum tahu, menunggu info dari percetakan. Prinsipnya kami menunggu info dari pencetakan saja. Selama masih dalam masa tahapan, pasti semua akan terdistribusi dengan baik,” tandasnya.

Surat suara juga sudah tiba di gudang KPU Bangli, Jalan Merdeka, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Kamis (7/2). Petugas KPU Bangli pun sibuk menurunkan seluruh box yang berisikan surat suara tersebut. Kemudian untuk memastikan keamanan surat suara, petugas dari Kepolisian dan satpam melakukan penjagaan dengan ketat.

Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan mengatakan untuk surat suara pemilu, sudah lengkap baik surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan surat suara pemilihan presiden. “Surat suara jumlahnya 383 box, meliputi surat suara presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten. Untuk surat suara presiden, DPD, DPR RI disimpan di gudang B dan surat suara DPRD Provinsi dan kaupaten di simpan digudang A,” ungkapnya. *k17, asa, es.

loading...

Komentar