nusabali

Mahasiswa Filipina Tuntaskan PKL di Undiksha

  • www.nusabali.com-mahasiswa-filipina-tuntaskan-pkl-di-undiksha

Sebanyak enam dari sembilan belas mahasiswa luar negeri, Rabu (6/2), menuntaskan program Praktek Pengalaman lapangan (PPL) di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

SINGARAJA, NusaBali
Mereka yang dari sejumlah perguruan tinggi di Filipina, sebelumnya telah menjalani PPL selama sebulan di Undiksha periode Januari-Februari. Keenam mahasiswa Filipina, yakni Kimberly Joey Gonzales Albatae dan Regine S. Cortez dari University of Saint Anthony, Maikah Angela Aguinaldo dan Coleen Moesha C. Ngitngit dari University of Santo Tomas, serta AJ Christian Juntilo Alaba dan Recom Avance Valdes dari Central Luson State University, berpamitan dengan Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd. Dalam sesi pamitan ini, mereka juga menerima sertifikat sebagai bukti mereka telah lulus dalam program PPL di Undiksha.

Rektor Jampel yang didampingi Wakil Rektor I, Prof Dr Ida Bagus Putu Arrnyana MSi; Wakil Rektor IV, Drs I Wayan Suarnajaya MA PhD; serta didampingi Ketua LPPPM Undiksha, Prof Dr AAIN Marhaeni MA, mengatakan merasa berbangga Undiksha mendapat kesempatan menerima mahasiswa dari luar negeri ber-PPL di lembaganya.

Jampel berharap program ini dapat meningkatkan kualitas dan keterampilan mahasiswa tersebut, terutama dalam bidang pengajaran. Pihaknya pun tak sungkan menerima masukan atau evaluasi terhadap pelaksanaan program.

Ia pun menyatakan siap menerima kembali mahasiswa tersebut di Undiksha untuk mengikuti program yang berbeda. Seperti alih kredit perkuliahan, maupun hal lain yang orientasinya peningkatan kualitas diri. “Kalau ingin untuk mengikuti program lain, kami siap untuk menerima,” ungkapnya.

Dengan semakin intensnya jadwal mahasiswa luar ber-PPL atau PKL di Undiksha maupun mahasiswa Undiksha yang ber-PPL dan PKL ke luar negeri akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas lembaga maupun lulusan. Hal itu juga menurut Jampel merupakan satu strategi untuk mempercepat mewujudkan internasionalisasi at home yang dicanangkan tahun 2019.

Selain menerima, universitas terbesar di Bali Utara dengan delapan fakultas ini juga mengirim mahasiswa ke sejumlah perguruan tinggi di Thailand, Vietnam dan Filipina untuk program yang sama. Pada periode Januari-Februari sebanyak 33 orang. Pengiriman kembali dilakukan pada periode Juli-Agustus.

Sementara itu mewakili mahasiswa lain, Coleen Moesha C. Ngitngit mengaku sangat bangga mengikuti program ini di Undiksha. Pasalnya, mereka tak hanya mendapat kesempatan untuk menempuh dunia akademis. Lebih dari itu juga mendapat kesempatan untuk mengenal Indonesia lebih dalam, termasuk juga Bali. Dari pengalamannya selama satu bulan, pengetahuan berkenaan dengan kebudayaan menjadi salah satu yang telah berhasil didapatkan.

Ia pun menyampaikan sebuah apresiasi dan pernyataan yang cukup menyentuh hati. “Terimakasih sudah memberikan kesempatan dan memberikan izin. Bukan hanya untuk menjadi seorang guru. Tetapi bisa menjadi diri sendiri yang nantinya bisa stabil dalam menjalani kehidupan. Bisa menjadi orang yang berguna,” ucapnya.

Program PPL ini diharapkan tidak menjadi akhir untuk mengenal Undiksha, Bali, maupun Indonesia. Namun kedepan tetap diharapkan ada program-program lain yang bisa diikuti. *k23

loading...

Komentar