nusabali

Disdikpora Gencarkan Program Menyapa Siswa

  • www.nusabali.com-disdikpora-gencarkan-program-menyapa-siswa

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem mulai menggelar program menyapa siswa, yang merupakan salah satu pendidikan karakter terhadap siswa di 285 PAUD (pendidikan anak usia dini), 358 SD dan 54 SMP Negeri dan swasta se-Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali
Setiap sekolah wajib mengangkat guru piket setiap hari, yang bertugas menyapa siswa. Teknisnya, sebelum memulai pembelajaran seluruh siswa dikumpulkan dalam posisi berbaris. Selanjutnya siswa disalami guru piket satu persatu sambil berjalan menuju ruang kelas masing-masing. Hal itu terulang lagi, jelang pulang sekolah. Kadisdikpora I Gusti Ngurah kartika, didampingi kepala Bidang Pembinaan SMP I Wayan Sarya mengungkapkan hal itu di Amlapura, Minggu (20/1).

Disebutkan, untuk PAUD tiap hari masing-masing PAUD menetapkan satu guru piket bertugas menyapa seluruh siswa, di SD tiap hari mengangkat 2 guru piket. Guru piket itulah yang tugasnya mengoordinasikan seluruh siswa sebelum melakukan pembelajaran di masing-masing kelas, mesti dikumpulkan, kemudian siswa agar berbaris. Setiap siswa menuju masing-masing kelas bersalaman dengan guru piket. Begitu juga untuk di SMP tiap hari mengangkat 10 guru piket. “Program menyapa siswa, merupakan bagian dari pendidikan karakter. Tujuan lainnya, agar siswa dekat dengan guru, setiap hari disapa guru piket. Sebab guru piket bergantian, akhirnya semua siswa dekat dengan semua guru di sekolah itu,” katanya.

Program itu juga merupakan bagian dari program sekolah ramah anak, untuk mengajar siswa agar selalu bersikap jujur menuju sekolah berintegritas. Di samping itu guru juga agar selalu mengingatkan siswa berbudi pekerti yang mulia.

“Kejujuran sangat penting dihayati dan diamalkan siswa, di banyak hal, terutama saat ulangan tidak boleh menyontek, sehingga ke depan sekolah jadi berintegritas. Dampak lainnya guru jadi lebih rajin dan lebih awal datang ke sekolah,” katanya.

Sebenarnya di SMPN 2 Rendang, Kecamatan Rendang Karangasem menurut Kasek Ketut Suparjana, program menyapa siswa telah diberlakukan sejak tahun 2016 melalui PPK (pendidikan penguatan karakter). Hanya saja, baru diinstruksikan program itu menjadi program menyapa siswa, awal Rabu (2/1). “Sebanyak 716 siswa sebenarnya telah mendapatkan pendidikan karakter, yang mana kali ini dengan nama program menyapa siswa telah kami berlakukan sejak tahun 2016,” jelas Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana.

Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Selat, Kecamatan Selat, Ni Luh Caniari mengatakan program menyapa siswa telah efektif berjalan sejak awal 2 Januari 2019. Sebanyak 890 siswa diberdayakan, setiap hari dikumpulkan, kemudian berbaris, satu persatu disalami guru piket, sebelum menuju ruang kelas masing-masing.

“Sebenarnya pendidikan karakter telah kami lakukan sejak lama, tetapi lebih efektif diberlakukan melakukan program menyapa siswa,” jelas Ni Luh Caniari. Program menyapa siswa itu sesuai amanat Peraturan Presiden No 14 tahun 2015 tentang, Permendikbud No 23 tahun 2015 dan Perpres No 87 tahun 2017.*k16

Komentar