nusabali

SMPN 4 Abiansemal Kurang 3 Sampul Matematika

  • www.nusabali.com-smpn-4-abiansemal-kurang-3-sampul-matematika

Jumlah sampul soal untuk SMP lainnya di Badung tidak ada masalah. 

Disdikpora Badung Terima Soal UN SMP  

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, Jumat (6/5), menerima kiriman soal ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Sebelum didistibusikan ke sekolah, kemarin seluruh paket soal dipilah per kecamatan dengan pengawasan ketat aparat kepolisian dan staf Disdikpora.

Proses pemilahan pun melibatkan perwakilan seluruh sekolah. Pemilahan ini untuk memudahkan pendistribusian soal ke masing-masing wilayah. Setelah pemilahan selesai, aparat kepolisian kemudian melakukan pengawalan, karena seluruh soal tidak langsung disimpan di masing-masing sekolah, melainkan dititipkan sementara di mapolsek terdekat.

“Dari hasil pendataan, ada tiga sampul untuk soal mata pelajaran Matematika di SMPN 4 Abiansemal yang kurang. Kalau yang lain tidak ada masalah,” ungkap Kabid Pendidikan Disdikpora Badung I Made Mandi.

Dengan kekurangan tersebut, Made Mandi mengaku sudah berkoordinasi dengan Disdikpora Provinsi Bali maupun dengan pihak percetakan. Sehingga diharapkan sebelum pelaksanaan ujian, kekurangan tersebut sudah dapat penggantinya.

Untuk diketahui, UN SMP akan digelar serentak 9-12 Mei 2016. Hari pertama, Senin (9/5) adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikutnya pada Selasa (10/5) adalah mata pelajaran Matematika, hari berikutnya Bahasa Inggris, dan hari terakhir adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Jumlah peserta UN SMP di Badung sekitar 9.715 siswa dari 57 sekolah. Adapun perinciannya, 21 sekolah berstatus negeri dan 31 adalah sekolah swasta, dan 5 sekolah berstatus satuan pendidikan kerjasama (SPK).

“Yang jelas seluruh persiapan sudah dilakukan. Mudah-mudahan pelaksanaan ujiannya berjalan lancar,” tandas Made Mandi.

Sebelumnya, Disdikpora Badung telah mengumpulkan seluruh kepala SMP se-Badung. Ini dilakukan dalam rangka memberikan pengarahan tentang UN berintegritas. Sehingga sekolah dapat mengedepankan kejujuran pada saat ujian. Temuan kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK yang dibeber Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali, tamparan keras untuk Disdikpora Badung. Karena itu tak ingin kejadian serupa terulang lagi dalam pelaksanaan UN SMP pada 9 Mei mendatang, Disdikpora mewanti-wanti pihak sekolah untuk melaksanakan UN dengan penuh integritas. 7 asa

Komentar