nusabali

CCTV Pasar Kidul Belum Optimal

  • www.nusabali.com-cctv-pasar-kidul-belum-optimal

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bangli memasang 8 CCTV di
Pasar Kidul Bangi. Delapan CCTV dipasang di lantai I dan lantai II.

BANGLI, NusaBali
Hanya saja pemasangan CCTV ini dinilai belum optimal untuk jumlah dan titik pemasangan. Apalagi tidak ada operator sehingga saat terjadi kasus pencurian, polisi kesulitan membuka rekaman kamera pengintai tersebut.

Kepala Pasar Kidul Bangli, Jro Sabda Negara, mengatakan CCTV belum diserahterimakan dari Disperindag Bangli. Sehingga petugas pasar tidak berani mengutak atiknya. “Passwordnya pun kami tidak tahu, hanya rekanan yang tahu. Pihak kepolisian sempat mau melihat rekaman CCTV, namun karena belum tahu password, kami tidak bisa berbuat banyak,” ungkap Jro Sabda Negara, Minggu (13/1).

Jro Sabda Negara mengatakan jumlah CCTV hanya 8 unit masih kurang. Untuk menjangkau secara keseluruhan Pasar Kidul minimal terpasang 20 CCTV. Saat ini CCTV terpasang 6 titik di lantai I dan lantai II dua CCTV, meliputi pintu masuk sebelah utara dan selatan. Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, I Nengah Sudibia, mengatakan pemasangan CCTV bertujuan untuk memberikan rasa aman pengunjung maupun pedagang.

Dijelaskan, CCTV yang dipasang di Pasar Kidul merupakan pengadaan tahun 2013, namun baru dipasang tahun 2018. Pemasangan baru dilakukan karena pasar masih tahap renovasi. “Kalau dipasang sebelum selesai renovasi, kami khawatir CCTV rusak karena terus dipindah-pindah. Maka dari itu pemasangan dilakukan setelah renovasi,” jelasnya. Disampaikan, CCTV masih dalam masa pemeliharaan oleh rekanan. *es

Komentar