nusabali

Beasiswa PKBM Tuntas Dibagikan

  • www.nusabali.com-beasiswa-pkbm-tuntas-dibagikan

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem telah tuntas membagikan beasiswa untuk siswa PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat).

Dana Lebih Rp 900 Juta


AMLAPURA, NusaBali
Bahkan anggaran beasiswa ada sisa Rp 900 juta karena jumlah siswa sedikit. Para penerima beasiswa juga menerima buku rekening dan KKC (Kartu Karangasem Cerdas). Beasiswa dikucurkan kepada para siswa PKBM agar menuntaskan pendidikan paket A, paket B, dan paket C.

Kepala Disdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan beasiswa yang dibagikan berdasarkan anggaran APBD 2018. Alokasi untuk siswa kejar paket A sebesar Rp 800.000, kejar paket B Rp 1 juta, dan kejar paket C Rp 1,2 juta setahun. Anggaran yang diamprah sesuai jumlah siswa dan telah masuk rekening Bank BPD. Dana yang terealisasi Rp 600 juta. “Kami telah salurkan semua beasiswa, buku rekening telah kami bagikan kepada masing-masing pengelola PKBM,” jelas Gusti Ngurah Kartika, Minggu (6/1).

Dikatakan, program beasiswa merupakan salah satu realisasi visi dan misi Bupati Karangasem mewujudkan masyarakat Karangasem yang bersih, cerdas, dan bermartabat. Gusti Ngurah Kartika menambahkan, setelah beasiswa untuk PKBM tersalurkan, maka semua jenjang pendidikan kebagian beasiswa. baik jenjang pendidikan formal SD dan SMP, maupun jenjang non formal yakni PKBM. Besaran beasiswa menyesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemkab Karangasem. Diharapkan tahun berikutnya besaran beasiswa ditingkatkan sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang belajar melalui PKBM.

Selama ini PKBM dibuka untuk mewadahi masyarakat yang putus sekolah atau terlambat belajar di pendidikan formal. Tamatan pendidikan non formal diakui pemerintah setara dengan pendidikan formal. Misalnya tamat kejar paket C bisa melanjutkan kuliah. Pengelola PKBM Amerta Yulia Ganesa di Banjar Kubakal, Desa Pempatan Kecamatan Rendang, I Wayan Mertayasa, mengatakan telah menerima buku rekening dan kartu KKC untuk 185 siswa. “Baru sebagian siswa yang mengambil buku rekening dan kartu KKC,” ungkap Wayan Mertayasa.

Sementara pengelola pengelola PKBM Giri Mekar, di Banjar Teges, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, I Made Parta, mengaku telah menerima 64 buku rekening dan kartu KKC. Dari jumlah itu, 28 buku rekening untuk siswa paket C dan 36 buku rekening untuk siswa paket B. “Hanya saja kami belum bagikan ke siswa,” jelas Made Parta. *k16

loading...

Komentar