nusabali

7 Pejabat Eselon II Buleleng Pensiun 2019

  • www.nusabali.com-7-pejabat-eselon-ii-buleleng-pensiun-2019

Tujuh (7) pejabat Eselon II lingkup Pemkab Buleleng akan pensiun di tahun 2019.

Bupati Tepis Isu Mutasi Awal Tahun


SINGARAJA, NusaBali
Beredar kemudian isu akan terjadi mutasi awal tahun 2019 ini. Nanum, isu tersebut langsung dibantah Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Data yang dihimpun NusaBali di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Buleleng, Minggu (6/1), dari 7 pejabat Eselon II yang pensiun di tahun 2019 ini, 2 orang di antaranya bahkan sudah berhenti sejak 2018. Mereka adalah Ida Bagus Geriastika (Staf Ahli) dan I Ketut Asta Semadi (Asisten Administrasi Umum).

Ida Bagus Griastika telah mengajukan pensiun dini, karena maju tarung ke Pileg 2019. Griastika maju sebagai caleg DPRD Buleleng dari Demokrat Dapil Kecamatan Banjar-Busungbiu. Sementara Ketut Asta Semadi sudah berhenti akhir tahun kemarin, karena pensiun per 1 Januari 2019 lalu.

Setelah 2 pejabat pensiun lebih awal, kini ada 5 pejabat Eselon II Pemkab Buleleng lainnya yang juga akan purna tugas di tahun 2019. Mereka masing-masing masing-masing Nyoman Swatantra (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Buleleng), Made Arnika (Kepala Dinas Perikanan Buleleng), Ketut Suparta Wijaya (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Buleleng), Dewa Ketut Manuaba (Sekwan DPRD Buleleng), dan Bimantara (Kepala Badan Keuangan Daerah Buleleng).

Itu artinya, ada 7 jabatan strategis lagi yang bakal kosong dan mesti segera diisi. Padahal, sebelumnya sudah ada dua jabatan Eselon II yang kosong, yakni Kepala Badan Kesbangpol Buleleng dan Kepala Dinas Perumahan Permukiman & Pertanahan Buleleng. Kedua jabatan lowong itu buat sementara dipegang oleh pejabat Pelaksana Tugas (Plt).

Gara-gara lowongnya 2 jabatan strategis plus pensiunnya 7 pejabat Eselon II, muncul kemudian isu bahwa mutasi akan digelar Bupati Buleleng dalam kurun Januari-Februari 2019. Sejumlah nama pun sempat beredar akan bergeser jabatan. Misalnya, Kepala Dinas Pendidikan Buleleng Gede Suyasa dan Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan AP. Keduanya dikabarkan akan mengisi salah satu jabatan Asisten.

Betulah? Saat dikonfirmasi NusaBali di Singaraja, Minggu kemarin, Bupati Agus Suradnyana tepis isu mutasi awal tahun. Menurut Agus Suradnyana, pihaknya tidak akan melakukan mutasi di awal tahun ini. Mutasi kemungkinan baru akan digelar pertengahan tahun 2019 mendatang, dengan alasan jabatan sudah mulai kosong.

“Kalau sekarang-sekarang ini belum ada mutasi, paling hanya pengisian penetapan Plt. Nanti pertengahan tahun (sekitar Juni-Juli 2019, Red) baru akan ada mutasi, karena banyak pejabat yang pensiun saat itu,” ujar Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng ini.

Bupat Agus Suradnyana menegaskan, pengisian pejabat Plt untuk saat ini dimaksudkan untuk pengisian jabatan luwong Asisten Administrasi Umum Setkab Buleleng yang ditinggal Asta Semadi. Bupati telah menetapkan Kepala BKD Buleleng, Bimantara, merangkap sebagai Plt Asisten Administrasi Umum. *k19

Komentar