nusabali

'Ngerupuk' 5 Besar Terbaik Nasional

  • www.nusabali.com-ngerupuk-5-besar-terbaik-nasional

Dipilihnya tema Ngerupuk karena sesuai dengan persyaratan dari panitia yaitu garapan harus mengandung unsur budaya atau kegiatan tradisional yang lazim dilakukan di wilayah masing-masing peserta yang sudah mentradisi.

DENPASAR, NusaBali
Bali yang diwakili Kota Denpasar sukses meraih predikat 5 besar Nasional dalam Parade ‘Pesona Budaya Nasional’ ke-41 yang digelar Pengelola Taman Budaya Nusantara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. 

Duta Denpasar sukses menampilkan prosesi ngerupuk dengan tema ‘Ngerupuk Ogah-Ogoh’ sebagai garapan. Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang kebetulan berada di Jakarta dalam rangka tugas dinas bersama beberapa pimpinan SKPD turut beri support duta kesayangannya, Rabu (20/4) di TMII Jakarta.

Kehadiran duta-duta seni Bali selalu jadi sorotan dan disambut meriah kehadirannya. Sejak pagi masing-masing duta sudah mulai memasuki kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terletak di wilayah Jakarta Timur. Walaupun cuaca mendung disertai hujan rintik-rintik tak menyurutkan niat dan semangat para peserta untuk tampil maksimal. 

Demikian halnya dengan duta Denpasar, dengan berkekuatan 50 orang seniman plus beberapa orang pendamping. Duta Parade Kota Denpasar yang kebagian nomor urut 7 tampil sumringah. Dengan menampilkan ‘Ngerupuk Ogah-Ogoh’ sebagai garapan tema, duta Denpasar terlihat begitu mencolok dibanding peserta lainnya. Disamping kemeriahan tabuh baleganjur serta tatabusana yang unik dan bervariasi. Duta Denpasar pada kesempatan kali ini juga membawa serta Ogoh-ogoh sebagai penguat garapan. Kenyataan ini membuat para penonton yang tumpah ruah memenuhi sepanjang jalur yang dilalui usai pementasan berebut ingin foto bersama atau sekedar selfie. 

Dipilihnya tema ‘Ngerupuk’ menurut DR Nyoman Astita MA didampingi Ketut Suandi dan Wayan Juana alias Dadong Rerod selaku koordinator sekaligus penata tari, tabuh dan gerak, karena sesuai dengan persyaratan yang diberikan panitia TMII. Persyaratan tersebut yaitu garapan harus mengandung unsur budaya atau kegiatan tradisional yang lazim dilakukan di wilayah masing-masing peserta yang sudah mentradisi. Mengandung unsur tradisi, kebersamaan, toleransi, kebhinekaan, inovasi dan kreatifitas. "Oleh karenanya prosesi Ngerupuk  dipilih untuk menjadi tema garapan dalam ajang kali ini. Bentuknya adalah dramatari yang diiringi gamelan baleganjur," jelasnya. Denpasar sukses menjadi 5 besar terbaik bersama Jawa Timur, Riau, Sulawesi Utara dan Banten. Pada pembukaan parade kemarin turut menyaksikan Sekda Kota AA Rai Iswara didampingi Dirut Kebudayaan TMII Ade Fatimah Meylaila serta Ibu Maria Ketua anjungan Bali TMII Jakarta. 7 nv

Komentar