nusabali

Polisi Sahabat Anak Sasar TK Widya Kumara

  • www.nusabali.com-polisi-sahabat-anak-sasar-tk-widya-kumara

Program Polisi Sahabat Anak (PSA) menyasar TK Widya Kumara Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Rabu (21/11).

AMLAPURA, NusaBali
Kedatangan anggota dari Satuan Binmas (Pembinaan Masyarakat) Polres Karangasem ini diwakili Aipda Eko Waluyo dan Bripda Luh Ariesta. Mereka mengajak anak-anak bermain sambil bernyanyi, memperkenalkan program polisi, dan terkait pendidikan karakter lainnya.

Polisi Sahabat Anak bertujuan agar polisi bersahabat dengan anak. Anak tidak takut dengan polisi, dan tahu tugas-tugas kepolisian. Aipda Eko Waluyo dan Bripda Luh Ariesta memberikan pendidikan agar siswa patuh sama orangtua, terbiasa bangun pagi kemudian gosok gigi, mandi sebelum berangkat ke sekolah, berjalan mesti di jalur kiri. Jika menyeberang, mesti menoleh ke kanan dan ke kiri, begitu aman tidak ada kendaraan melintas, barulah bisa menyeberang.

Aipda Eko Waluyo juga mengingatkan, tugas-tugas polisi adalah sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Di samping memperkenalkan rambu-rambu lalulintas berupa larangan yang dipatuhi demi keselamatan bersama. Juga dijelaskan, fungsi helm kepada setiap pengendara termasuk siswa TK yang dibonceng orang tua juga untuk keselamatan di jalan. “Polisi itu berjiwa ksatria, jujur, dan disiplin, yang siap melayani masyarakat,” kata Aipda Eko Waluyo.

Perlunya memperkenalkan tugas-tugas dilakukan polisi, katanya agar sejak dini siswa memahaminya. Sehingga semuanya jadi disiplin dan tertib berlalulintas. Kedatangan polisi ke sekolah-sekolah sebagai wujud nyata kepedulian petugas polisi kepada masyarakat khususnya kepada siswa TK. Setelah mendapatkan pendidikan dari petugas polisi, ke depan siswa tidak takut melihat petugas berseragam polisi.

Kedatangan petugas Polres Karangasem diterima Pjs Kasek TK Widya Kumara, Luh Suartini, bersama 3 guru lainnya. Mereka bersama-sama mengajar 58 siswa. “Kami berpesan kepada seluruh siswa, agar mampu menjaga dirinya sendiri. Ini salah satu program Kapolres Karangasem (AKBP I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom),” katanya. Program tersebut disingkat SI PUTU, Police Goes To School, dan Polisi Sahabat Anak. Pjs TK Widya Kumara Ni Luh Suartini mengapresiasi kedatangan petugas Polres Karangasem. “Kami dapat pelajaran baru, sehingga siswa lebih termotivasi belajar dan bermain,” katanya. *k16

loading...

Komentar