nusabali

Jokowi Janjikan Dalam 2 Hari BBM Masuk

  • www.nusabali.com-jokowi-janjikan-dalam-2-hari-bbm-masuk

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9).

Tinjau Korban Gempa ke Palu

JAKARTA, NusaBali
Presiden tiba pukul 13.00 WITA. Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, setiba di Palu, Presiden menerima laporan dari kementerian terkait, termasuk Pemda Sulteng. Sehari sebelumnya, Sabtu (29/9), Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berada di Palu. "Presiden pimpin rapat terbatas diikuti jajaran menteri, termasuk Menteri PUPR dan BNPB. Presiden meminta penanganan pertama adalah evakuasi evakuasi korban," kata Johan seperti dikutip dari wawancara langsung yang ditayangkan Kompas TV, Minggu.

Presiden juga memberikan instruksi agar dilakukan penanganan jalur utama, termasuk ketersediaan listrik dan komunikasi. Saat ditanya apakah Presiden Jokowi ada rencana bermalam di Palu, Johan belum bisa memastikannya. "Yang terpenting arahan secara langsung sudah diberikan dan meninjau korban," kata dia.

Dalam kunjungannya ini, lokasi pertama yang didatangi Jokowi adalah Perum Balaroa, lokasi yang disebut mengalami dampak paling berat setelah peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9).

Bantuan diakui agak terhambat disalurkan cepat, lantaran akses masuk lokasi susah. Bahan bakar minyak atau BBM, juga terhambat. Namun Presiden Jokowi menjanjikan dalam dua hari akan sampai ke lokasi. Begitu juga alat berat dari Mamuju dan Gorontalo, akan segera masuk.

Johan menekankan, yang terpenting saat ini, pemerintah pusat melakukan upaya penanganan dengan cara yang cepat, termasuk mempercepat penggelontoran dana. Data terakhir yang dirilis oleh BNPB, korban meninggal dalam bencana ini berjumlah 832 orang, dengan rincian di Kota Palu 821 orang dan Donggala 11 orang.

Terpisah, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) berduka atas terjadinya gempa yang disertai tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Ketiganya sepakat akan ke lokasi pada Selasa (2/10) atau Rabu (3/10) besok.

"Turut berduka cita atas musibah yang terjadi di Palu. Sekarang kita doakan agar semua menjadi lebih baik dan yang mendapatkan musibah, kita doakan agar masuk surga," ujar OSO usai pawai obor menyambangi Kompleks Parlemen, Minggu (30/9). Hal sama diutarakan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

"Semoga Allah memberikan kekuatan, perlindungan, keselamatan bagi saudara kita yang berada di Sulteng dan beberapa wilayah di Sulbar," ucap Zulkifli. Dia pun mengajak kepada semua untuk melakukan apa saja demi menyelamatkan dan meringankan korban gempa dan tsunami disana.k22

Komentar