nusabali

Bulutangkis Tunggal Putra Kembali Diperhitungkan

  • www.nusabali.com-bulutangkis-tunggal-putra-kembali-diperhitungkan

Nomor tunggal putra bulutangkis menyumbangkan emas di Asian Games 2018. 

Usai Jonatan Christie Raih Emas

JAKARTA, NusaBali
Sang peraih emas itu Jonatan Christie. Ia pun menyebutkan  sektor tunggal putra tak boleh dipandang sebelah mata lagi. Ya, dalam beberapa tahun belakangan, sektor tunggal sulit berprestasi. Khusus di Asian Games, sudah dua edisi nomor ini tak menyumbangkan emas.  Karena itu, tunggal putra pun tak ditarget emas saat Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia.

Ganda putra dan ganda campuran menjadi tumpuannya. Namun target itu meleset. Ganda campuran hanya menyumbangkan perunggu. Sedangkan tunggal putra mengirimkan dua wakilnya ke semifinal. Jonatan dan Anthony Sinisuka Ginting menjadi dua pemain yang lolos ke babak empat besar. Jonatan akhirnya merebut emas, dan Anthony harus puas meraih perunggu.

Jonatan mengalahkan Chou Tien-chen, lawan yang menyingkirkan Anthony di semifinal. Jonatan pun mengungkapkan rahasia dirinya bisa meraih emas di Asian Games kali ini. "Kadang kami tunggal putra Indonesia sekarang dipandang sebelah mata. Waktu saya dan Anthony masuk semifinal, kami mau buktikan kalau kami bisa memastikan emas. Tapi namanya pertandingan ya, Anthony terhenti di semifinal," kata Jonatan, dalam rilis PP PBSI.

Kegagalan Anthony di babak semifinal juga menambah motivasi lebih untuk memenangi laga final. Menurutnya, ia ingin memang ingin membalaskan kekalahan Anthony. Tapi selain itu, ada kewajiban demi emas untuk Indonesia.

“Sudah tanggung, sudah sampai final. Saya dan pelatih sudah persiapan mati-matian ke Asian Games," kata pemain, yang bikin heboh dengan selebrasi buka baju itu.

Jonatan Christie sering menjadi sasaran cacian netizen di sepanjang kariernya sebagai pebulutangkis. Hal itu dijadikan penyemangat agar lebih baik. Akhirnya, kendati tak diunggulkan, Jojo, panggilan Jonathan, sukses meraih medali emas dari nomor tunggal putra. Jonatan biasa melakukan screen shot pada komentar negatif itu disimpan dalam telepon selulernya.*

Komentar