nusabali

Ajax Kembali ke Liga Champions

  • www.nusabali.com-ajax-kembali-ke-liga-champions

Ajax Amsterdam akhirnya kembali ke penyisihan grup Liga Champions setelah empat musim absen.

AMSTERDAM, NusaBali
Langkah Ajax diikuti AEK Athena dan Young Boys, dua tim yang jauh lebih lama menanti kembali ke kompetisi sepakbola antarklub terelite di Eropa.

Ajax bertandang ke markas Dynamo Kiev dengan keunggulan 3-1 pada leg kedua play-off Liga Champions, Rabu (29/8) dinihari WITA. Skor tersebut menjadi hasil agregat akhir setelah wakil Belanda ini ditahan imbang 0-0, meski mendominasi sepanjang laga.

Percobaan Dusan Tadic membentur tiang dari titik penalti dan tendangan bebas melengkung Hakim Ziyech hanya menerpa mistar. Ajax gagal mencetak gol meskipun mencatatkan 15 percobaan ke gawang Dynamo, yang hanya memiliki dua tendangan ke gawang. Ada ketegangan tinggi setelah pendukung Dynamo bentrok dengan pendukung Ajax di luar bar di pusat kota Kiev menjelang pertandingan.

Sementara itu, penggemar Young Boys harus menunggu 32 tahun sejak tim itu terakhir bermain di kompetisi papan atas Eropa. Tim Swiss itu kalah dalam kualifikasi menuju babak penyisihan grup Liga Champions selama tiga tahun terakhir, sebelum akhirnya lolos dengan mendepak wakil Kroasia Dinamo Zagreb. Young Boys menang 2-1 pada leg kedua untuk membuat agregat menjadi 3-2.

Striker veteran Guillaume Hoarau mencetak dua gol dalam tiga menit. Eks penyerang Paris Saint-Germain mencetak penalti dan sundulan untuk membalikkan keunggulan awal Zagreb.

AEK Athena mengalahkan tim Hungaria Vidi 3-2 secara agregat setelah hasil imbang 1-1. Namun hasil ini dibayar dengan kartu merah gelandang Helder Lopes pada menit ke-80. AEK terakhir berlaga di fase grup Liga Champions pada 12 tahun silam. *

Komentar