nusabali

Mundur dari Wagub, Sandi Tak Mau Politisasi Jabatan

  • www.nusabali.com-mundur-dari-wagub-sandi-tak-mau-politisasi-jabatan

Bakal cawapres, Sandiaga Uno secara resmi menyatakan mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

JAKARTA, NusaBali

Pernyataan mundur Sandiaga disampaikan dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. Dalam sidang paripurna tersebut Sandiaga menjelaskan alasan mengapa memilih mundur darpada cuti sebagai Wakil Gubernur DKI. Salah satu alasan Sandiaga yakni menghindari politisasi jabatan.

"Mempertimbangkan betapa besar tugas seorang Wakil Gubernur, betapa berat kerja di Jakarta dan menghindari risiko Politisasi jabatan, menjauhkan dari mudarat pejabat yang mengintervensi dan menyalahgunakan birokrasi, anggaran, dan fasilitas, maka saya memilih ikhlas berkorban untuk tidak mengambil cuti, dan mendahulukan kepentingan warga Jakarta juga aspirasi rakyat Indonesia di atas kepentingan diri ataupun golongan," kata Sandiaga saat pidato di sidang paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (27/8) dilansir detik.com.

Sandiaga khawatir penggantinya di kursi Wakil Gubernur DKI tak bekerja maksimal jika dia memutuskan untuk cuti. Selain, keputusan mundur Sandiaga juga didasari atas pertimbangan kepastian jabatan.

"Dalam kaitan ini, pilihan saya mengambil sikap menyatakan berhenti secara resmi sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2017-2022 didasari atas komitmen dan tanggung jawab memberikan ruang dan kepastian kepada Wakil Gubernur yang nanti akan menggantikan saya agar dapat bekerja maksimal bersama Bapak Gubernur," papar Sandiaga.

Surat pernyataan mundur disampaikan Sandiaga ke Gubernur DKI Anies Baswedan pada 10 Agustus 2018. Surat tersebut kemudian diserahkan ke DPRD DKI pada hari yang sama.

Selanjutnya, hasil dari sidang paripurna pemberhentian Sandiaga hari ini akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Dalam Negeri. Sandiaga mundur dari jabatan Wakil Gubernur DKI karena dicalonkan sebagai cawapres. Dalam Pilpres 2019 nanti Sandiaga akan mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres. *

Komentar