nusabali

Kemenparekraf Buka Peluang Besar bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di AKI 2024!

  • www.nusabali.com-kemenparekraf-buka-peluang-besar-bagi-pelaku-ekonomi-kreatif-di-aki-2024

JAKARTA, NusaBali.com  - Kabar gembira bagi para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia! Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menghadirkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di tahun 2024 dengan berbagai inovasi dan peluang menarik.

Tahun ini, AKI 2024 membuka peluang bagi tujuh subsektor ekonomi kreatif, yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film, dan gim. "Inovasi ini merupakan bentuk nyata dukungan pemerintah dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif di berbagai bidang," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Diikuti oleh 10.000 pendaftar yang ditargetkan, AKI 2024 akan menyeleksi 360 peserta dari 12 Kota/Kabupaten di Indonesia. "Kota Bekasi menjadi lokasi awal, kemudian dilanjutkan di Serang, Singkawang, Magelang, Blitar, Denpasar, Palu, Toba, Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke," jelas Sandiaga.

Pendaftaran AKI 2024 telah dibuka sejak 12 Februari hingga 31 Maret 2024 melalui akun Instagram @apresiasikreasiindonesia. Pendaftaran gratis dan terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 17 tahun dengan KTP dan NPWP.

Kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh calon peserta
  • Subsektor kuliner, kriya, fesyen, dan aplikasi/gim
  • -calon peserta diharuskan untuk memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 6 bulan 
  • -menyertakan surat keterangan usaha. 
  • -
  • Subsektor musik dan film
  • -diperlukan karya orisinal terbaru (dalam 2 tahun terakhir)
  • -penyertaan video klip untuk musik dan afiliasi dengan rumah produksi untuk film, bukan individu.

Bimbingan, Bootcamp, dan Pameran

Peserta yang terpilih akan berkesempatan menghadiri sesi Techmet dan Temu Sapa pada tanggal 4 April bersama dengan calon mentor. Selanjutnya, sesi bootcamp akan diadakan untuk peserta terpilih pada bulan April dan Mei. Di puncak acara pada bulan September, mereka akan diberi kesempatan untuk memamerkan produk dan karya mereka dalam pameran yang menjadi bagian dari pekan puncak AKI 2024.

Kesuksesan Alumni AKI

Program AKI terbukti mampu meningkatkan omzet dan jangkauan pasar para peserta. Egg Royale, salah satu alumni AKI 2022, mencatat peningkatan omzet 15-20% setelah mengikuti pameran AKI. Bitata Food, finalis AKI 2022, bahkan mengalami kenaikan omzet 30% dan sedang dalam tahap membuka toko offline.

Yudiana, pemilik HOMLIV dan alumni AKI 2022, mengatakan, "Pameran AKI meningkatkan pengenalan merek HOMLIV dan kini telah menyebar ke lebih dari 400 outlet di seluruh Indonesia."

Hanna Suryana Hasri, pemilik SALADIN dan alumni AKI 2022, menambahkan, "Bimbingan dari para mentor terus berlanjut. Semoga semakin banyak UMKM yang terlibat dan mendapatkan manfaat dari program ini."

Tunggu apa lagi? Daftarkan jenama Anda di AKI 2024 dan jadilah bagian dari kisah sukses berikutnya!

Komentar