nusabali

Garuda Muda Juara

  • www.nusabali.com-garuda-muda-juara

Indonesia juara Piala AFF U-16 2018 tanpa terkalahkan. Pemain Timnas Indonesia, Amirudin Bagus Kahfi sebagai pencetak gol terbanyak, 12 gol selama turnamen berlangsung.

Kado Terindah HUT Kemerdekaan

SIDOARJO, NusaBali
Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 setelah menaklukkan Thailand lewat adu penalti di babak final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8) malam. Timnas berjuluk Garuda Asia itu menang 4-3 dalam adu penalti usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Gelar juara ini menjadi penegasan dari performa oke yang ditampilkan tim arahan Fakhri Husaini itu sejak awal. Mereka tak pernah tersentuh kekalahan sejak fase grup hingga partai puncak. Dalam tujuh pertandingan di Stadion Gelora Delta, tim besutan Fakhri Husaini itu selalu menang, mencetak 23 gol, dan hanya kemasukan empat gol. Di babak grup, Timnas Indonesia U-16 yang tergabung di Grup A menyapu bersih lima pertandingan. Indonesia mengalahkan Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja untuk lolos sebagai juara grup.

Indonesia kemudian menghadapi Malaysia di semifinal. Bagus Kahfi dan kwan-kawan meraih kemenangan 1-0 dan melaju ke babak final. Catatan tak terkalahkan Indonesia berlanjut di babak final. Di partai puncak, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Thailand sebelum menang adu penalti.

Ini jadi gelar juara perdana Indonesia di ajang Piala AFF U-16. Pencapaian terbaik sebelumnya adalah runner-up pada 2013. Pada turnamen ini, baik Indonesia maupun Thailand meraih dua penghargaan. Pemain Thailand, Thanarin Thumsen, meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2018.

Sementara, pencetak gol terbanyak adalah pemain Timnas Indonesia, Amirudin Bagus Kahfi dengan raihan 12 gol selama turnamen ini berlangsung, demikian dilansir kompas.com.  Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018. Jokowi menyebut gelar ini sebagai kado terindah menjelang hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Ini merupakan gelar pertama Indonesia di kompetisi Piala AFF U-16. Gelar ini juga didapat beberapa hari menjelang HUT Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus 2018. Melalui akun Twitter resminya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat atas keberhasilan pasukan Fakhri Husaini itu.

“Garuda Muda tak terbendung di lapangan hijau. Malam ini Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 mengalahkan Thailand dalam laga di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo,” tulis Jokowi seperti dilansir detiksport. “Selamat kepada pemain dan pelatih. Gelar ini menjadi kado terindah bagi Indonesia menjelang Hari Kemerdekaan,” katanya.

Sementara itu, Stadion Gelora Delta di Sidoarjo menjadi saksi keberhasilan Timnas Indonesia. Sudah dua kali Indonesia mengangkat piala di stadion tersebut. Lima tahun lalu, Stadion Gelora Delta juga menjadi saksi kesuksesan Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19. Ketika itu, Evan Dimas dan kawan-kawan tampil sebagai kampiun di ajang tersebut.

Timnas U-19 menjadi juara di tahun tersebut setelah mengalahkan Vietnam di final. Sama seperti timnas U-16 pada tahun ini, timnas U-19 saat itu juga menang adu penalti di final. Sayangnya, timnas U-19 belum bisa jadi juara lagi sejak kesuksesan pada tahun 2013. Saat tampil di Piala AFF U-19 2018, yang juga digelar di Sidoarjo, Indonesia hanya menempati peringkat ketiga. *

Komentar