nusabali

Pengamanan Objek Wisata Tanah Lot Diperketat

  • www.nusabali.com-pengamanan-objek-wisata-tanah-lot-diperketat

Gelombang Tinggi Rentan Membahayakan Wisatawan

TABANAN, NusaBali

Gelombang tinggi masih terjadi di sekitaran Daya Tarik Wisatawan Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan. Meskipun tidak mempengaruhi aktivitas wisatawan, namun pengawasan atau penjagaan objek tetap diperketat oleh manajemen.

Manager DTW Tanah Lot I Wayan Toya Adnyana mengatakan, sesuai dengan informasi dari BMKG gelombang masih tinggi akan terjadi pada Senin (30/7). "Jadi kami lakukan penjagaan secara khusus dengan memperbanyak life guard sehari 24 orang," ujarnya.

Bahkan akibat gelombang tinggi, pamedek atau umat Hindu yang akan sembahyang ke Pura Luhur Tanah Lot harus menunggu air laut surut lama. Biasanya pukul 14.00 Wita sudah bisa menyeberang. Tetapi saat ini belum bisa. "Sehingga lebih banyak tadi pemedek tangkil di Pura Pengayengan," imbuh Toya.

Toya menyebutkan, tinggi gelombang memang masih relatif tinggi hingga belum begitu normal. Bahkan akibat gelombang tinggi pada Rabu (25/7) lalu, aktivitas wisatawan ke bibir pantai ditutup. Pintu-pintu menuju pantai ditutup. "Hempasan air laut saat itu sampai diatas Pura Luhur, namun tidak ada kerusakan," tegasnya.

Toya juga menambahkan, selama gelombang tinggi, tidak ada sampai penurunan kunjungan wisatawan. Kunjungan masih normal seperti biasanya. "Belum ada sampai penurunan kunjungan, mudah-mudahan kejadian alam ini cepat berlalu," tandasnya. *d

Komentar